Yuk Simak Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Yang Tidak Sedap

  • Share
https://d1bpj0tv6vfxyp.cloudfront.net/category-article/20200123075344.17_Bau%20Mulut%20(Halitosis).jpg

Setiap orang tentu ingin menghindari bau mulut yang mengganggu. Tak hanya membuat rasa percaya diri hidang, tetapi bau mulut juga membuat lawan bicara menjadi kurang nyaman. Kondisi ini juga bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan atau gangguan pencernaan. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui penyebab dan cara menghilangkan bau mulut berikut!

Hal yang Menyebabkan Bau Mulut Tidak Sedap

Bau mulut yang kurang sedap bisa saja muncul karena konsumsi minuman atau makanan tertentu. Misalnya saja, jengkol, petai, rempah rempah, bawang, kopi, dan makanan menyengat lainnya. Meskipun bau mulut akibat konsumsi makanan dan minuman ini bisa hilang sendirinya.  Namun, kondisi ini bisa menetap selama beberapa hari ke depannya.

Selain itu, sisa makanan yang tertinggal di gusi, lidah, atau gusi juga bisa memicu adanya pertumbuhan bakteri. Tak hanya itu saja, hal tersebut juga dapat menimbulkan plak di mulut yang menyebabkan bau mulut tidak sedap. Jika dibiarkan begitu saja, maka akan membuat lawan bicara menjadi kurang nyaman ketika diajak berbicara.

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya segera mencari cara menghilangkan bau mulut. Bersihkan gigi dengan sikat dan benang gigi dengan tepat dan teratur. Langkah ini bisa menghilangkan sisa makanan yang terperangkap di gigi. Dengan begitu, sisa makanan tersebut tidak akan membusuk dan menyebabkan bau mulut  yang tidak sedap.

Tidak hanya karena makanan saja, kondisi mulut yang kering juga menjadi salah satu penyebab nafas tidak sedap. Pada saat ini, mulut tidak memproduksi air liur yang cukup untuk membersihkan mulut dari sisa makanan. Namun, mulut kering juga terjadi karena masalah pada kelenjar ludah dan efek samping obat tertentu.

Bau mulut juga terjadi karena adanya penyakit yang berhubungan dengan usus dan juga lambung. Adanya masalah pencernaan ini bisa menyebabkan nafas menjadi tidak segar. Selain itu, infeksi mulut setelah operasi atau pencabutan gigi juga bisa membuat bau mulut yang kurang berkenan. Maka dari itu, penting untuk mencari cara menghilangkan bau mulut tidak sedap dengan tepat.

Cara Mencegah Bau Mulut Yang Tidak Sedap

Kabar baiknya, bau mulut yang tidak sedap ini dapat diantisipasi dengan langkah langkah yang cukup sederhana. Salah satunya yaitu dengan membersihkan gigi secara rutin. Sikat gigilah setidaknya dua kali sehari selama dua menit ke seluruh bagian mulut. Setelah itu, lengkapi perawatan mulut ini dengan berkumur menggunakan mouthwash yang mengandung antibakteri.

Yuk Simak Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Yang Tidak Sedap

Setelahnya, Anda perlu menjaga asupan makanan yang Anda konsumsi. Seperti yang sudah diketahui, terdapat beberapa makanan dan minuman yang memiliki aroma cukup menyengat. Untuk itu, kurangi konsumsi asupan pemicu bau mulut tidak sedap. Jangan lupa juga hindari kebiasaan buruk dengan cara berhenti merokok agar nafas kembali segar.

Langkah terakhir yang dapat Anda terapkan yaitu dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Mulut kering menjadi salah satu hal yang menyebabkan bau mulut kurang berkenan. Sebagai cara menghilangkan bau mulut, Anda bisa minum air putih setidaknya delapan gelas air setiap harinya. Dengan begitu, mulut tetap lembab dan dapat menstimulasi produksi air liur agar tidak kering.

Bagi Anda yang menghadapi masalah bau mulut kurang sedap, sebaiknya hindari pemicu masalah tersebut. Anda bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa langkah seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun jika cara di atas tidak mampu mengatasi bau mulut yang kurang berkenan, sebaiknya menemui dokter gigi untuk mencari tahu penyebab serta solusinya dengan tepat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *