Yuk Simak Panduan Pembuatan Contoh Proposal Bisnis Makanan Pebisnis Wajib Tahu

  • Share
Yuk Simak Panduan Pembuatan Contoh Proposal Bisnis Makanan Pebisnis Wajib Tahu

Jika dilihat dari eksistensi bisnis di lingkup dunia, bisa dikatakan bahwa kuliner seakan tidak akan ada matinya. Jika Anda tertarik untuk mencoba peluang bisnis ini, pastikan untuk membuat proposal usaha. Aktivitas ini akan membantu Anda merencanakan usaha lebih matang. Berikut ini adalah contoh proposal bisnis makanan yang bisa Anda jadikan panduan.

Panduan Membuat Proposal Untuk Usaha Kuliner

Yuk Simak Panduan Pembuatan Contoh Proposal Bisnis Makanan Pebisnis Wajib Tahu

1. Menuliskan Identitas Dan Sejarah Berdirinya Usaha

Jika Anda ingin memulai kerjasama dengan mitra atau vendor tertentu, sudah jelas sekali bahwa dibutuhkan perkenalan yang baik. Proposal sederhana bisa Anda mulai dengan menuliskan nama usaha yang sedang dirintis. Nama yang Anda miliki pun mungkin bisa mempengaruhi keputusan kerja sama, karena itu pastikan memilih nama dengan baik.
Demi memberi makna pada bisnis yang dijalankan, tidak ada salahnya untuk memberi ulasan akan sejarah usaha. Meski dianggap sebagai opsi, namun sejarah ini juga bisa menjadi latar belakang dorongan mengapa Anda memulai bisnis. Di sini Anda bisa menyampaikan rekam jejak usaha secara singkat namun menarik untuk disimak.

2. Penyampaian Visi Misi Dan Nilai Usaha

Visi dan misi sebenarnya menjadi salah satu komponen utama dalam memulai bisnis. Jika Anda berusaha untuk mengembangkan bisnis dan menjalin kerja sama, maka aspek ini pula yang akan menjadi sorotan pada beberapa contoh proposal bisnis makanan. Anda bisa menyampaikan, ingin menjadi toko terbaik, memberi pelayanan maksimal, dan bernilai jujur serta sopan.

3. Model Bisnis Yang Ingin Diterapkan

Yuk Simak Panduan Pembuatan Contoh Proposal Bisnis Makanan Pebisnis Wajib Tahu

Dalam aspek ini, setidaknya Anda harus menjelaskan 9 komponen penting mengenai bisnis. Secara berurutan, Anda dapat memberikan detail berupa kelebihan bisnis, cara marketing, target pasar, sumber daya, kegiatan utama di dalam usaha, pihak luar yang terlibat, biaya usaha, sumber pendapatan, dan customer relationship.

Semua informasi tersebut harus Anda sampaikan dengan detail, sehingga penerima proposal paham dengan betul manajemen bisnis yang dilakukan. Seperti contohnya adalah mencantumkan Food delivery, Mesin ED, atau perusahaan distribusi tepung sebagai pihak lain. Anda pun dapat menuliskan kebutuhan bahan baku dan gaji sebagai biaya usaha utama.

4. Analisa SWOT

Detail SWOT pun akan menjadi pertimbangan kerja sama yang tak kalah krusial. Huruf S disini merujuk pada istilah Strength atau kekuatan yang dimiliki oleh usaha Anda, dibanding yang lainnya. Ada pula W atau weakness pada contoh proposal bisnis makanan yang menjelaskan aspek kelemahan yang dimiliki seperti terbatasnya cabang.

Anda pun bisa menuliskan O atau opportunity yang dimiliki bisnis. Penjelasan ini mencakup peluang yang sedang dimiliki dan bisa diraih. Sedangkan Threat atau ancaman adalah data mengenai segala risiko atau kompetitor sejenis. Detail mengenai SWOT sendiri bisa Anda jadikan landasan perencanaan bisnis.

5. Penjelasan Produk

Untuk memberi proposal yang sangat lengkap, maka akan dibutuhkan bagian dimana Anda menjelaskan produk secara mendetail. Biasanya, Anda bisa menuliskan harga jual, varian makanan, kemasan dalam pembelian besar atau satuan, tampilan dari produk, hingga rasa dan kualitasnya.

6. Analisa Bisnis

Yang terakhir adalah analisa bisnis yang menjadi acuan detail akan operasional bisnis. Biasanya, bagian ini akan memberi detail akan asumsi profit harian, bulanan, hingga tahunan. Detail itu pun dituliskan dengan berbagai informasi lainnya, seperti contoh proposal bisnis makanan yang memberi gambaran total penjualan harian, modal awal, dan BEP.

Meski tampak layaknya sebuah usaha yang mudah dirintis, bisnis kuliner memiliki risiko kerugian yang tak kalah besar. Terutama jika tidak direncanakan dengan baik. Karena itulah proposal untuk bisnis makanan pun bisa menjadi senjata untuk perencanaan yang lebih matang. Bahkan, proposal yang baik bisa Anda gunakan untuk menjalin kerja sama bisnis.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *