Yuk Kenali Penyebab Dan Cara Mengobati Gusi Bengkak Yang Ampuh

  • Share
Yuk Kenali Penyebab Dan Cara Mengobati Gusi Bengkak Yang Ampuh

Kondisi gusi bengkak mungkin pernah dialami bagi sebagian orang. Jika kondisi ini belum terlalu parah, tentu bisa diatasi dengan mudah dengan perawatan di rumah. Namun, jika masalah ini sudah berlangsung terlalu lama, maka perlu penanganan yang tepat. Sebelum terjadi, yuk kenali penyebab dan cara mengobati gusi bengkak yang paling ampuh, seperti ulasan berikut ini!

Penyebab Gusi Bengkak yang Wajib Anda Tahu

Gusi yang bengkak in terjadi akibat peradangan yang terjadi di dalam mulut. Hal ini bisa disebabkan oleh penumpukan plak di sekitar gigi dan garis gusi. Lapisan lengket berwarna putih ini biasanya terdiri dari sisa makanan yang tidak tersikat bersih. Karena alasan tersebut, maka secara perlahan akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi.

Selain karena plak, perubahan hormon juga mempengaruhi gusi menjadi bengkak. Kondisi ini biasanya terjadi pada saat wanita sedang hamil, menstruasi, menyusui atau setelah melahirkan. Perubahan hormon ini dapat mengganggu kemampuan tubuh melawan bakteri dan penyebab infeksi gusi, sehingga peluang terjadinya gusi bengkak jauh lebih tinggi.

Tak berhenti sampai di situ saja, kekurangan vitamin B dan C juga menyebabkan gusi membengkak. Hal inilah yang membuat Anda harus mencari cara mengobati gusi bengkak. Sebagai contoh, vitamin C ini berperan penting dalam memperbaiki dan menjaga kesehatan gigi serta gusi. Apabila kadar tersebut cukup rendah, maka Anda bisa mengalami penyakit scurvy, anemia, serta penyakit gusi.

Tips Ampuh Untuk Mengobati Kondisi Gusi Yang Membengkak

Agar kondisi ini tidak parah, maka ada baiknya jika menyikat gigi secara rutin sebanyak dua kali sehari. Kemudian, lakukan penyikatan gigi selama dua menit agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Setelah itu, bersihkan sela sela gigi dengan menggunakan sikat interdental atau benang gigi. Tujuannya untuk membersihkan makanan sisa yang berisiko menyebabkan gusi bengkak.

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan berkumur menggunakan air garam. Kandungan yang ada di dalam air garam ini mampu bekerja sebagai cara mengobati gusi bengkak dan membersihkan mulut dari adanya bakteri jahat. Anda dapat mencampurkannya sekitar dua sampai 3 sendok teh garam ke dalam air hangat dan gunakan untuk berkumur.

Yuk Kenali Penyebab Dan Cara Mengobati Gusi Bengkak Yang Ampuh

Selain menjaga kebersihan mulut, Anda perlu mencegahnya gusi yang bengkak dengan mengonsumsi banyak air. Dengan membuat tubuh tetap terhidrasi, maka bisa merangsang produksi air liur yang bisa melemahkan bakteri di dalam mulut. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan pada mulut khususnya gusi membengkak.

Apabila kondisi gusi membengkak cukup mengganggu aktivitas sehari hari, sebaiknya lakukan pengobatan yang tepat dengan mengoleskan gel. Gunakan salep yang mengandung larutan chlorhexidine untuk meredakan peradangan. Oleskan secara teratur sampai gusi yang terinfeksi tidak bengkak dan sembuh seperti kondisi normal.

Di sisi lain jika Anda tidak memiliki salep gel untuk mengatasi gusi yang membengkak, maka Anda bisa menggunakan bahan alami seperti air dingin. Kompreslah menggunakan air dingin sebagai cara mengobati gusi bengkak. Anda bisa menggunakan es batu yang dibungkus kain bersih dan menempelkan selama beberapa menit untuk meredakan bengkak.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab sekaligus cara mengatasi masalah gusi yang membengkak. Kondisi gusi yang membengkak ini biasanya terjadi akibat kebersihan mulut yang kurang terjaga dan juga perubahan hormon di dalam tubuh. Maka dari itu, rajinlah menggosok gigi dengan teratur. Jika gusi masih saja bengkak, lakukan tips yang sudah disebutkan di atas agar bisa terobati dengan baik.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *