Yuk Intip Tutorial Lengkap Cara Membuat Bisnis Model Canvas di Sini!

  • Share
Yuk Intip Tutorial Lengkap Cara Membuat Bisnis Model Canvas di Sini!

Business model canvas atau biasa disingkat BMC merupakan business plan yang terdiri atas 9 pilar utama dan terangkum dalam satu canvas atau 1 halaman. BMC ini menjadi kerangka kerja paling populer pada model bisnis startup, karena mampu menghasilkan kinerja lebih optimal pada bisnis. Lalu bagaimana cara membuat bisnis model canvas ? Simak ulasan selengkapnya berikut.

Membuat Business Model Canvas

Yuk Intip Tutorial Lengkap Cara Membuat Bisnis Model Canvas di Sini!

1. Value Proposition

Value propositions merupakan nilai tambah yang bisa membuat bisnis anda terlihat jauh lebih menarik, dan akan membedakannya dari bisnis lain yang ada di pasaran. Jadi pada blok ini biasanya akan berupa solusi serta inovasi yang anda tawarkan sebagai keunggulan utama dari perusahaan atau bisnis. Seperti apa keuntungan yang dapat anda berikan pada pelanggan dan lain lain.

2. Customer Segments

Apabila value proposition menitikberatkan pada produk itu sendiri, maka pada blok customer segments akan lebih membahas mengenai siapa pelanggan potensial dari bisnis anda. Ini juga bisa berisikan profil orang yang mempunyai masalah dan nantinya dapat dipecahkan oleh produk dari bisnis anda.

3. Channels

Cara membuat bisnis model canvas berikutnya yaitu masuk blok channels. Yang dimaksud di sini yaitu sarana atau media yang nantinya anda gunakan dalam menyampaikan produk atau jasa pada bisnis. Jadi channels di sini dapat berupa aplikasi, sales person, online advertisement, hingga website dan e-commerce.

4. Customer Relationship

Yuk Intip Tutorial Lengkap Cara Membuat Bisnis Model Canvas di Sini!

Karakteristik dari pelanggan anda tentu akan berbeda antara satu orang dengan orang lainnya, sehingga anda perlu memahami bagaimana cara mengambil hati setiap pelanggan dan mampu mempertahankan mereka yang sudah loyal. Sehingga dalam hal ini anda perlu keep in touch with them, caranya bisa dengan layanan after sales, newsletter, dan lain sebagainya.

5. Key Activities

Key activities merupakan bagian dari strategi bisnis yang harus anda lakukan guna membuat model bisnis tersebut berfungsi. Dengan kata lain, key activities ini akan menjelaskan bagaimana anda menciptakan value proposition bisnis. Jadi apabila ada aktivitas yang tidak sesuai dengan value proposition, berarti anda telah melakukan kegiatan yang tidak ada dampaknya pada pelanggan.

6. Key Resources

Key resources merupakan bagian cara membuat bisnis model canvas yang menjelaskan aset strategis perusahaan. Dimana bagian ini terbagi ke dalam 4 kategori yaitu fisik mencakup gedung hingga mesin yang digunakan selama operasional, SDM yaitu sumber daya utama, intelektual seperti hak cipta dan hak paten, serta keuangan yaitu saldo tunai maupun jalur kredit.

7. Key Partners

Key partners atau key partnerships merupakan aliansi bisnis yang akan melengkapi aspek lain pada model bisnis startup. Pasalnya tidak ada bisnis besar yang mampu berjalan sendirian, sehingga anda memerlukan mitra bisnis. Yang mana pada konteks ini maka mitra bisnis tersebut bisa berupa agensi, vendor, supplier, atau sejenisnya.

8. Cost Structure

Struktur biaya merupakan bagian dimana anda perlu menghitung serta menentukan besar dana yang dibutuhkan dalam menjalankan operasional bisnis. Jadi anda wajib untuk memetakan biaya yang sesuai dengan value propositions. Agar lebih mudah, biaya bisa didasarkan pada channel, key resources, dan key activities.

9. Revenue Streams

Cara membuat bisnis model canvas yang terakhir yaitu revenue streams, yang mana pada blok ini anda perlu menjabarkan struktur finansial perusahaan. Jadi pada bagian ini anda akan menyatakan berbagai aliran pendapatan yang diperoleh bisnis. Sehingga nantinya anda bisa menemukan strategi terbaik guna mendapatkan lebih banyak pelanggan dan penghasilan.

Bisnis model canvas ini merupakan suatu business plan yang bisa anda terapkan, dan begitu cocok dengan bisnis startup. Meski terdiri atas 9 pilar yang terlihat cukup panjang, namun sesuai dengan namanya yaitu canvas. Maka rencana bisnis ini dilakukan dalam satu halaman saja. Disebutkan pula bahwa semakin panjang rencana bisnis anda maka bisa semakin besar risiko kegagalannya.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *