Tutorial Lengkap Cara Bermain Saham untuk Pemula Agar Cepat Profit

  • Share
Tutorial Lengkap Cara Bermain Saham untuk Pemula Agar Cepat Profit

Sebagai tabungan dan bekal untuk masa depan, investasi bisa menjadi salah satu pilihan tepat dalam menyimpan serta mengelola uang pribadi anda. Di zaman modern seperti sekarang, bermain saham yang merupakan salah satu instrumen investasi bahkan dapat dilakukan oleh semua orang. Berikut cara bermain saham untuk pemula yang bisa anda terapkan.

Cara Tepat Bermain Saham

1. Memahami Investasi Saham dengan Tepat

Bagi masyarakat awam yang masih benar benar baru berencana terjun ke bidang ini maka langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah memahami investasi saham dengan tepat. Karena meski saham ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar, namun risikonya pun tidak kalah besar.

Sehingga mengabaikan dasar dasar investasi saham yang ada akan membawa anda jauh dari kata profit. Dalam bermain saham, anda membutuhkan strategi yang tepat. Oleh karena itu, anda di sini perlu jela untuk menggali berbagai informasi valid. Teknologi di zaman sekarang yang sudah begitu canggih akan memudahkan anda memperoleh informasi secara digital.

2. Pilih Perusahaan Sekuritas

Tutorial Lengkap Cara Bermain Saham untuk Pemula Agar Cepat Profit

Cara bermain saham untuk pemula berikutnya yaitu memilih perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas ini merupakan perusahaan yang bisa menjadi perantara perdagangan efek dan penjamin emisi efek. Pilihlah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan sudah mendapat izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam memilih perusahaan sekuritas atau broker ini juga tidak boleh sembarangan, karena perusahaan ini nantinya akan membantu anda membuka rekening saham sampai melakukan berbagai transaksi saham hingga akhir. Masing masing perusahaan juga menerapkan biaya transaksi yang berbeda antara satu sama lain, sehingga perlu diperhatikan dengan baik.

3. Membuka Rekening

Setelah menentukan perusahaan sekuritas yang dirasa sesuai, anda perlu membuka rekening untuk bisa membeli dan menjual saham di pasar modal. Rekening ini tentunya tidak sama dengan rekening tabungan biasa, melainkan rekening efek. Yang mana proses pembuatannya melalui perusahaan sekuritas.

Terdapat beberapa hal yang perlu anda siapkan sebagai cara bermain saham untuk pemula dalam membuka rekening efek. Seperti fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), NPWP, buku tabungan, serta materai Rp. 6.000 sebanyak dua lembar. Selain itu, mungkin ada juga beberapa dokumen lain yang perlu anda siapkan tergantung ketentuan dari masing masing perusahaan sekuritas.

4. Penyetoran Dana

Jika anda sudah memiliki rekening efek, maka anda bisa bermain saham dengan melakukan penyetoran dana awal ke dalam rekening. Jumlah dana yang disetorkan ini juga berbeda beda untuk masing masing broker. Ada yang memperbolehkan setoran awal di bawah Rp. 5 juta atau di atas itu.

5. Investasi atau Trading

Penyetoran dana awal ke rekening efek membuat anda sudah bisa melakukan aktivitas jual beli saham di pasar modal. Cara bermain saham untuk pemula ini bukan termasuk proses yang sulit sebab bisa anda lakukan secara online di mana saja, dengan mengandalkan akses internet. Pasalnya beberapa perusahaan sekuritas sudah menyediakan aplikasinya, jadi anda tidak perlu datang langsung ke BEI.

Apabila semua sudah beres, maka anda hanya perlu memantau keadaan pasar. Yang mana hal tersebut bisa dipengaruhi oleh beberapa kondisi seperti ekonomi, sosial, hingga politik. Cermatlah dalam melihat naik turunnya harga saham, sehingga anda pun bisa menentukan waktu tepat untuk menjual saham yang sebelumnya sudah dibeli.

Cukup mudah bukan cara bermain saham ? Bahkan investasi saham ini bisa dilakukan oleh semua orang. Yang penting adalah baca keadaan pasar dengan tepat dan jangan gegabah menggunakan modal. Ingat bahwa instrumen investasi satu ini memang bisa mendatangkan keuntungan besar, namun semakin besar peluang profit maka akan diiringi pula dengan besarnya risiko yang ada.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *