Tutorial Cara Memakai Jilbab Syar i dengan Look Modern dan Trendi

  • Share
Tutorial Cara Memakai Jilbab Syar i dengan Look Modern dan Trendi

Model jilbab syar’i sangat dianjurkan untuk dikenakan oleh para muslimah lantaran sesuai dengan syariat Islam. Hijab syar’i ini semakin ke sini semakin diminati di Indonesia, karena modelnya sekarang jauh dari kata kuno dan lebih modis tanpa meninggalkan syariat. Bagi anda yang ingin mulai menggunakan hijab ini, berikut cara memakai jilbab syar i yang bisa diterapkan.

Cara Mulai Menggunakan Hijab Syar’i

1. Dimulai dari Niat

Meski berhijab merupakan kewajiban bagi semua perempuan muslim, namun memutuskan untuk menggunakan jilbab masih menjadi perkara yang tidak mudah di masyarakat. Terlebih jika menggunakan model syar’i yang mana berdasarkan kaidah berbusana sesuai dengan ajaran Islam. Jadi cara menggunakan jilbab ini harus dimulai dari niat terlebih dahulu.
Niat yang konsisten untuk tetap berhijab syar’i pada segala kondisi.

Mengingat bahwa di tengah zaman yang modern dan pesatnya perkembangan model seperti sekarang ini, menggunakan jilbab syar’i memiliki tantangan tersendiri. Pasalnya banyak orang yang memberi cap bahwa orang dengan hijab syar’i itu kurang trendi dan modis.

2. Jilbab yang Tebal dan Panjang

Cara memakai jilbab syar i berikutnya yaitu memilih bahan hijab yang tepat. Sesuai dengan syariatnya, hijab syar’i harus menutupi secara sempurna ujung kepala hingga dada. Jadi hijab yang dipilih harus panjang agar bisa menutup dengan baik. Selain itu bahannya tidak boleh tipis atau tembus pandang.

Tentunya anda juga perlu memilih bahan yang tepat agar nyaman digunakan. Sebab jika asal pilih, kadang hijab yang dikenakan terasa panas dan membuat gatal atau gerah. Terutama bagi anda yang memiliki segudang aktivitas outdoor, sebaiknya pilih bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik. Dan untuk lebih praktisnya, anda bisa memilih jilbab syar’i instan.

3. Pemilihan Model Hijab Syar’i

Tutorial Cara Memakai Jilbab Syar i dengan Look Modern dan Trendi

Di era sekarang, hijab syar’i tersedia dalam berbagai model untuk mempertahankan ke-eksisannya. Banyak sekali model jilbab yang bisa anda coba tanpa harus keluar dari syariat, seperti hijab syar’i segi empat, hijab pashmina, hijab instan, dan hijab khimar. Ketika mengenakan jilbab syar’i ini, sebaiknya gunakan inner agar lebih rapi dan mencegah rambut keluar.

Cara memakai jilbab syar i ini juga bisa beragam, lantaran di pasaran anda bisa menemukan banyak ukuran hijab. Jika ingin tampil syar’i namun tetap terlihat modis, anda bisa memilih ukuran yang lebar dan panjang, sehingga jilbab bisa anda bentuk dan lilitkan sesuka hati namun tetap menutup dada dengan baik.

Sebagai contoh anda menggunakan hijab pashmina, kenakan kerudung dengan panjang yang berbeda pada sisi sisinya. Rekatkan kedua sisi yang memiliki panjang signifikan di bawah dagu dengan menggunakan jarum pentul atau peniti. Ambil bagian sisi yang panjang dan arahkan ke atas kepala.

Rekatkan hijab menggunakan jarum pentul, lalu bagian yang terurai kemudian diambil ke arah depan secara menyilang. Sematkan bros untuk menahan ujung jilbab, dan biarkan kerudung anda terurai untuk menutupi bahu serta dada. Agar model ini bisa diterapkan dengan baik, maka anda perlu menggunakan pashmina dengan panjang yang mencukupi.

4. Mix and Match Hijab Syar’i

Hijab syar’i tidak hanya perihal bagaimana jilbab ini menutupi dengan baik dari ujung kepala hingga dada. Namun mix and match untuk cara memakai jilbab syar i ini juga penting diperhatikan, agar sesuai dengan syariat. Outfit yang digunakan adalah baju yang longgar serta rok atau gamis, kemudian tidak boleh menggunakan aksesoris yang berlebihan.

Jadi memakai hijab syar i tidak hanya memperhatikan jilbab yang digunakan saja. Sebab dari ujung kepala hingga ujung kaki sebaiknya juga diperhatikan untuk memenuhi syariat islam dengan baik. Tidak perlu khawatir tampilan jadi kuno, karena saat ini sudah banyak model hijab hingga outfit yang modis untuk tampilan syar’i.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *