5 Tips Membuka Bisnis Apotek Agar Sukses

  • Share
Tips membuka bisnis apotek
Tips membuka bisnis apotek

Tips membuka bisnis apotek – Selama masih ada kehidupan manusia, maka selama itu juga kebutuhan medis termasuk obat dan perlengkapan pengobatan dibutuhkan. Inilah yang menjadikan bisnis atau usaha apotek masih memiliki pangsa pasar yang cukup bagus. Tidak hanya menyasar orang yang sakit berat, namun juga sakit ringan seperti sakit kepala, flu, batuk, atau bahkan terkena benda tajam.

Jika Anda berminat untuk terjun dalam bidang ini, maka perhatikan beberapa tips membuka bisnis apotek berikut ini.

Pastikan Anda Sudah Memiliki Izin

Salah satu tips membuka bisnis apotek adalah mengurus perizinan terlebih dahulu. Perizinan ini berfungsi sebagai legalitas usaha dan juga untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen Anda.

Pastikan juga bahwa Anda memiliki ijazah apoteker, atau jika tidak maka Anda bisa merekrut karyawan apoteker yang sudah memiliki sertifikasi. Hal ini akan berpengaruh positif pada bisnis Anda kedepannya.

Pilih Lokasi yang Tepat

Tips membuka bisnis apotek yang kedua yaitu memilih lokasi toko yang tepat. Usahakan untuk membuka apotek di lokasi yang ramai dilalui orang, selain itu juga dekat dengan pemukiman warga. Meski demikian jangan abaikan adanya pesaing. Sebaiknya Anda memilih lokasi yang di tempat tersebut belum ada apotek lainnya.

Pertimbangan lokasi yang cukup dekat dengan rumah sakit juga bisa diperhatikan. Biasanya saat berobat ke rumah sakit dokter akan menawarkan apakan akan membeli obat sendiri di apotek atau membelinya di rumah sakit, dengan catatan butuh waktu lebih lama untuk antre.

Temukan Distributor yang Terpercaya dan Lebih Murah

Agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar, cobalah untuk menemukan distributor yang memberikan harga lebih rendah. Namun pastikan bahwa distributor tersebut terpercaya dan menawarkan obat-obatan yang asli.

Semakin besar selisih harga beli dan jual, maka akan semakin besar juga keuntungan yang akan Anda dapatkan. Guna meminimalisir biaya operasional Anda juga sebaiknya memilih distributor yang lokasinya tidak terlalu jauh dari lokasi apotek Anda.

Jalin Kerjasama dengan Pihak Lainnya

Tips membuka bisnis apotek untuk mendapatkan lebih banyak konsumen sebenarnya Anda juga bisa bekerja sama dengan berbagai pihak, misalnya dokter atau BPJS. Jika Anda bekerja sama dengan pihak lain maka kesempatan orang akan datang ke apotek Anda akan semakin besar.

Baca juga : Awas, Ini Dia 7 Penyebab Bisnis Kecil Gagal di Tengah Jalan

Pastikan Anda Memiliki Product Knowledge yang Baik

Saat Anda berjualan sebuah produk apapun itu, maka Anda harus memiliki product knowledge yang baik. Begitu juga ketika Anda membuka usaha apotek, maka Anda harus memahami setiap produk obat yang umum digunakan masyarakat. Anda juga harus mengetahui informasi indikasi tiap obat, sebab ada banyak obat yang tidak boleh dikonsumsi orang dengan penyakit tertentu.

Itulah beberapa tips membuka usaha apotek yang perlu Anda perhatikan, jangan lupa untuk selalu mengecek terlebih dahulu persyaratan hukum lainnya yang harus diurus terkait bisnis Anda.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *