Teknologi Layar Gulung di Smartphone OPPO, Pertama di Dunia!

  • Share
Teknologi layar gulung di smartphone
Teknologi layar gulung di smartphone

Setelah kemunculan berbagai teknologi baru dalam pembuatan layar smartphone seperti layar sentuh, layar lipat, dan lainnya, saat ini kembali muncul inovasi terbaru dan pertama di dunia yaitu layar gulung. Teknologi layar gulung ini pertama kali dipertunjukkan di depan public oleh Oppo.

Penasaran seperti apa dan bagaimana teknologi layar gulung di smartphone yang baru ada pertama kali di dunia? Berikut ulasannya untuk Anda.

Oppo Perkenalkan Teknologi Layar Gulung di Smartphone

Vendor pertama di dunia yang memperkenalkan teknologi layar gulung ini adalah Oppo. Secara resmi teknologi ini dipertunjukkan pada momen OPPO INNO Day. Teknologi ini lahir dalam sebuah ponsel pintar Oppo seri OPPO X 2021. Kehadiran teknologi yang masih sangat baru ini tentu saja membawa sebuah angin segar dalam dunia perponselan, dan mungkin akan membawa banyak perubahan kedepannya.

Ponsel OPPO X 2021 ini ternyata memiliki dua buah layar, dan untuk membuka atau menutupnya Anda harus menggulungnya keluar atau ke dalam. Ponsel ini memiliki layar dengan ukuran 6,7 inchi serta menggunakan teknologi continuously variable OLED display. Memiliki ukuran yang tidak begitu besar dan dimensinya yang kotak membuat ponsel ini cukup mudah untuk digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan saja.

Melihat Lebih Detail Teknologi Layar Gulung di Smartphone OPPO X 2021

Pada kondisi normal ponsel OPPO X 2021 memiliki ukuran layar 6,7 inchi. Akan tetapi saat Anda menarik layarnya maka ponsel tersebut akan memiliki ukuran layar 7,4 inchi. Meskipun Anda menarik layar dalam kondisi sedang bermain game atau menonton video, Anda tidak perlu khawatir karena konten di ponsel Anda tidak akan rusak.

Ini karena OPPO X 2021 sudah dibekali dengan inovasi roll motor powertrain. Teknologi ini terdiri atas dua motor yang dapat menghasilkan gaya konstan, sehingga dapat membuat pergerakan yang halus dan sangat mulus ketika layar ponsel ditarik. Keberadaan dual powertrain ini juga memungkinkan Anda untuk membuka layar sesuai keinginan Anda, apakah akan dibuka setengah saja atau full.

Meski layar ponsel ini dapat digulung dan ditutup kembali, namun secara fisik tidak tampak adanya lipatan atau sambungan di semua sisi layar. Rupanya hal ini karena Oppo sudah membekali ponsel tercanggihnya dengan busur 6,8 mm yang membuat layar dapat memutar kembali tanpa ada lipatan yang bisa terlihat. Sangat canggih bukan?

Baca juga : Dibekali Spek Mumpuni, Yuk Intip 6 Hp Gaming Dibawah 2 Juta

Tak sampai disitu saja, ternyata Oppo juga mendesain X 2021 dengan teknologi dynamic frame yang terbagi atas sliding frame dan outer fixed. Fungsi dari keduanya adalah untuk melindungi mekanisme geser pada bagian belakang. Penutup baterai dan bingkai geser akan otomatis terlepas ketika anda membuka gulungan layar, sehingga hal ini akan melindungi bagian dalam ponsel tersebut.

Dengan diumumkannya teknologi layar gulung di smartphone pertama ini, OPPO rupanya juga telah mendaftarkan 122 hak paten yang mana 12 diantaranya merupakan mekanisme layar gulung itu sendiri.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *