Kenali Tanda-Tanda Konsumsi Gula Berlebih Pada Tubuh Anda

  • Share
tanda konsumsi gula berlebih
tanda konsumsi gula berlebih

Gula memang dibutuhkan tubuh untuk memberikan energi agar bisa beraktivitas dengan baik. Akan tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, gula justru dapat menjadi sumber masalah kesehatan bagi Anda. Untuk itu, memastikan bahwa konsumsi gula Anda tidak berlebihan juga perlu dilakukan.

Yang perlu Anda pahami adalah bahwa hampir semua makanan yang Anda konsumsi sebenarnya mengandung gula, hanya saja berbeda jenis gulanya. Nah, apa saja jenis gula ini dan apa saja tanda konsumsi gula berlebih?

Mengenal Kandungan Gula Pada Makanan

Hampir semua makanan memang mengandung gula, namun beda jenis gulanya. Setidaknya ada dua jenis gula yang terdapat di makanan, yaitu:

  • Gula alami, yaitu kandungan gula yang memang secara alami sudah ada dalam makanan tersebut seperti misalnya susu, nasi, buah dan sebagainya.
  • Gula tambahan, merupakan pemanis buatan yang ditambahkan oleh manusia saat proses pengolahan makanan. Gula yang digunakan misalnya gula aren, gula putih, gula merah, pemanis buatan dan sebagainya

Kandungan gula memang cukup bermanfaat bagi tubuh asalkan dikonsumsi dalam jumlah wajar. Tubuh yang kekurangan gula pun akan lemas, jadi pastikan Anda mengkonsumsi gula secara bijak.

Tanda Konsumsi Gula Berlebih

Tubuh memiliki sistem alarm yang andal, dimana ia akan memberikan sinyal apabila Anda mengkonsumsi terlalu banyak gula. Berikut ini adalah beberapa tanda konsumsi gula berlebih:

1.      Muncul Jerawat

Gula yang terlalu banyak dapat memicu peningkatan sekresi androgen, peradangan dan produksi minyak. Hal inilah yang lantas dapat memicu munculnya jerawat. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa orang yang gemar mengkonsumsi gula tambahan cenderung lebih sering mengalami masalah jerawat.

2.      Berat Badan Naik

Salah satu tanda konsumsi gula berlebih yaitu naiknya berat badan Anda. Umumnya kelebihan gula ini paling banyak ditemui dari jenis minuman yang tinggi gula, seperti boba, minuman kemasan, jus dan sebagainya.

Kandungan fruktosa yang berlebih dapat mengganggu hormon pengatur rasa lapar Anda. Saat Anda terlalu banyak mengkonsumsi gula, maka keinginan Anda untuk mengkonsumsi makanan juga menjadi lebih besar. Hal inilah yang memicu kenaikan berat badan.

3.      Mood Swing

Salah satu efek buruk ketika Anda mengkonsumsi gula berlebih yaitu adanya perubahan saraf, kadar gula darah, dan juga munculnya peradangan yang kemudian beberapa faktor ini dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Menurut penelitian wanita yang mengkonsumsi banyak gula memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami depresi.

Baca juga : Apa Saja Fungsi Protein Bagi Tubuh ? Cek di Sini Sekarang!

4.      Energi yang Meningkat

Tanda konsumsi gula berlebih yang selanjutnya yaitu adanya peningkatan energi yang dipicu karena adanya peningkatan insulin dan kadar gula darah. Peningkatan energi akan ikut menurun ketika kadar gula darah Anda juga turun, artinya tidak bersifat permanen. Untuk menghindari penurunan yang drastis Anda bisa menyiasatinya dengan mengkonsumsi karbohidrat dengan kandungan gula rendah dan makanan kaya serat.

Itulah beberapa tanda konsumsi gula berlebih yang biasa dimunculkan tubuh Anda, segera lakukan koreksi konsumsi gula Anda agar tidak menjadi semakin parah.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *