Tak Hanya Enak, Yuk Intip Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil

  • Share
Tak Hanya Enak, Yuk Intip Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup untuk membantu tumbuh kembang janin yang ada di kandungan. Ibu dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah juga sayuran. Salah satu buah yang enak dan ternyata memiliki kandungan baik untuk ibu hamil adalah pisang. Berikut beberapa manfaat pisang bagi ibu hamil yang wajib diketahui.

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

1. Menurunkan Risiko Bayi Cacat

Tentunya semua orang tua ingin anaknya lahir dalam keadaan sehat dan lengkap. Pisang menjadi salah satu makanan yang bisa menurunkan bayi lahir dalam kondisi cacat. Hal ini disebabkan pisang sebagai sumber asam folat yang baik. Dimana folat akan bermanfaat untuk perkembangan otak juga sumsum tulang belakang.

Dengan mengkonsumsi pisang, ibu hamil bisa meningkatkan kadar folat yang ada di dalam tubuh. Ibu hamil yang kekurangan folat berisiko untuk melahirkan bayi yang cacat atau bayi lahir sebelum waktunya (prematur). Hanya saja, walaupun aman dikonsumsi saat hamil ibu harus tetap membatasinya. Anda bisa mengkonsumsi 1 sampai 2 ukuran sedang setiap harinya.

2. Membatasi Atasi Mual dan Muntah

Selain menurunkan risiko bayi cacat, manfaat pisang bagi ibu hamil juga untuk mengatasi mual atau muntah di masa kehamilan. Jika melansir Firstcry Parenting yang dimuat oleh Kompas.com, pisang memiliki kandungan vit B6 yang membantu atasi mual juga muntah saat pagi hari. Terutama ketika memasuki trisemester pertama kehamilan, mual dan muntah akan sering dialami.

3. Membantu Pertumbuhan Sistem Saraf Pada Pusat Bayi

Tak Hanya Enak, Yuk Intip Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pisang kaya akan vitamin B6 nya dan juga bisa larut dalam air. Vitamin satu ini ternyata juga akan membantu agar sistem saraf pusat bayi berkembang dengan baik. Agar bisa mendapatkan manfaat ini, ibu disarankan untuk mengkonsumsi pisang dengan rutin pada saat trisemester pertama masa kehamilan.

4. Membantu Perkembangan Tulang

Tidak hanya vitamin B6, pisang juga memiliki kandungan berupa kalsium. Kalsium sendiri menjadi zat yang sangat baik untuk menunjang tulang ibu juga bayi. ketika ibu akan melahirkan nanti, akan mengalami kontraksi otot. Dan kalsium lah yang akan mengatur kontraksi tersebut. manfaat pisang bagi ibu hamil ini bisa didapatkan dengan konsumsi rutin ketika mengandung.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Sebenarnya, manfaat ini tidak hanya bisa dirasakan oleh ibu hamil saja tapi juga semua orang. Namun, ibu hamil kerap mengalami sembelit saat masa kehamilan. Dan pisang sebagai buah yang kaya serat bisa merangsang pergerakan usus. Pisang juga akan mengurangi kembung pada perut.
Dalam satu buah pisang ukuran sedang seratnya bisa mencapai 6 gr. Tidak hanya atasi sembelit, pisang juga akan mengatasi asam lambung yang naik. Asam lambung naik ini juga menjadi masalah yang sering terjadi pada ibu hamil. Dan makan pisang rutin akan membantu menjaga agar asam lambung tak mudah bergejolak.

6. Membantu Cegah Infeksi

Manfaat pisang bagi ibu hamil selanjutnya adalah membantu mencegah infeksi. Hal ini dikarenakan di dalam pisang terdapat vitamin C yang bisa membantu penyerapan zat besi. Vitamin ini juga akan melawan infeksi karena antioksidannya. Semua manfaat vitamin C tersebut bisa didapatkan dengan konsumsi pisang.

Walaupun memiliki kandungan yang bermanfaat bagi ibu hamil, namun buah pisang tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Terutama wanita dengan diabetes gestasional atau yang memiliki alergi pisang. Selain itu, pastikan jika pisang yang dikonsumsi dalam keadaan yang bersih dan segar. jika anda ragu, silahkan saja konsultasikan dengan ahlinya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *