Tak Boleh Sembarangan, Berikut Obat Flu Untuk Ibu Menyusui

  • Share
Tak Boleh Sembarangan, Berikut Obat Flu Untuk Ibu Menyusui

Flu menjadi salah satu penyakit yang bisa menyerang segala usia dan disebabkan oleh virus. Penularannya bisa melalui air liur di udara atau benda yang terpapar pilek. Walaupun terbilang biasa, namun flu membuat tubuh tak nyaman sehingga beberapa orang butuh obat. Hanya saja, bagi obat flu untuk ibu menyusui tidak bisa sembarangan. Simak ulasannya.

Daftar Obat Untuk Sakit Flu Ibu Menyusui Yang Aman

1. Ibuprofen

Obat untuk ibu menyusui yang sedang terserang flu adalah Ibuprofen. Obat satu in termasuk efektif dan juga aman untuk ibu yang menyusui. Terutama untuk keluhan demam dan sakit kepala. Selain itu juga efektif untuk mengatasi flu yang disebabkan karena infeksi sinus. Obat ini juga tidak akan mempengaruhi jumlah produksi ASI.

Hanya saja, kebanyakan ibuprofen membutuhkan resep dari dokter sebelum mengkonsumsinya. Bagi ibu menyusui yang memiliki riwayat sakit maag, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Ada baiknya juga untuk tidak sembarangan dalam mengkonsumsi obat obatan yang seharusnya dengan resep dokter, agar tetap aman.

2. Paracetamol

Tak Boleh Sembarangan, Berikut Obat Flu Untuk Ibu Menyusui

Paracetamol termasuk obat flu untuk ibu menyusui yang terbilang aman karena tidak mengurangi produksi ASI. Obat ini bekerja dengan mengurangi zat yang menjadi penyebab peradangan yakni prostaglandin. Tetapi jika zat ini berkurang, anda juga akan mengalami efek samping pada tubuh yakni membuat demam serta nyeri menjadi reda.

Efek obat ini tak jauh berbeda dengan ibuprofen, tak heran jika sering dijadikan sebagai alternatif pengganti ibuprofen. Nantinya juga akan membantu meredakan nyeri juga menurunkan demam. Namun dalam mengkonsumsinya, pastikan anda tidak mengkonsumsi obat lain yang ada kandungan paracetamolnya. Sebab bisa menggandakan dosis dan hal ini tidak dianjurkan.

3. Dekongestan

Flu tidak hanya membuat demam juga hidung tersumbat, beberapa orang juga mengalami batuk. Jika gejala tersebut anda rasakan, ada baiknya untuk mengkonsumsi dekongestan. Obat satu ini sangat efektif untuk atasi gejala tersebut dan masuk dalam obat flu untuk ibu menyusui yang aman. Sekalipun mengandung phenylephrine dan pseudoephedrine masih aman asal tak berlebih.

4. Dextromethorphan

Flu juga membuat tenggorokan gatal dan batuk, sehingga anda bisa menjadikan dextromethorphan senjata untuk mengatasinya. Kandungan obat ini akan mampu membantu ibu untuk batuk selain itu juga aman untuk busui. Hanya saja tidak dianjurkan jika anda memiliki riwayat diabetes, asma ataupun bronkitis yang akan membuatnya makin buruk.

5. Obat Alami

Selain bisa mengkonsumsi obat obatan dari dokter, anda juga bisa mengatasi dengan obat obat alami yang aman bagi ibu menyusui. Bahan alami tersebut sangat mudah untuk anda temukan di sekitar anda. misalnya minum air hangat baik air putih maupun sup ayam hangat. Uap panas dari minuman hangat akan membantu membuat hidung tersumbat lega.

Bahan lainnya yang juga bisa mengatasi flu adalah jahe karena memiliki kandungan yang bisa mengurangi demam juga flu. Anda juga bisa mengkonsumsi yoghurt yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. obat flu untuk ibu menyusui dari bahan alami juga bisa berasal dari campuran teh, lemon juga madu yang berguna melawan infeksi.

Mengkonsumsi obat obatan saat sedang menyusui memang tidak boleh sembarangan. Karena bisa memberikan efek tertentu bagi tubuh. oleh sebab itu ada baiknya untuk berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter. Anda juga bisa menggabungkan dengan obat obatan alami agar flu cepat reda. Saat ini konsultasi dengan dokter juga bisa dilakukan secara online.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *