Rencana bisnis menjadi hal yang penting untuk membuat sebuah usaha.

  • Share
Rencana bisnis menjadi hal yang penting untuk membuat sebuah usaha.
Illustration of startup business

Dengan adanya business plan, maka Anda bisa lebih terarah dan juga fokus dalam menjalankan sebuah bisnis. Sehingga, Anda dapat dengan mudah mencapai target yang telah ditetapkan. Seperti apa contoh bisnis plan sederhana dan cara membuatnya? Yuk intip ulasan lengkapnya berikut ini.

Pentingnya Membuat Rencana Bisnis yang Wajib Anda Tahu

Rencana bisnis menjadi hal yang penting untuk membuat sebuah usaha.

Sebagian dari Anda mungkin masih belum familiar dengan istilah business plan atau lebih dikenal dengan rencana bisnis. Hal ini merupakan salah satu cara agar perusahaan bisa berjalan dengan tepat. Artinya, dokumen ini menyatakan keyakinan bagi sebuah bisnis dalam menawarkan jasa atau bawang dengan tujuan menghasilkan keuntungan dan menarik penyandang dana.

Bisnis plan ini dibuat dalam beberapa model, mulai dari jangka pendek dan juga jangka panjang untuk tiga tahun ke depan. Rencana usaha ini sangat vital agar dapat menarik investor yang potensial, seperti staf karyawan, pemasok barang, dan bahkan konsumen. Maka dari itu, isi dari rencana bisnis ini harus berbobot dan meliputi semua aspek bisnis.

Persiapan yang Harus Dilakukan Untuk Membuat Rencana Bisnis

Contoh bisnis plan sederhana yang bisa dibuat dengan mudah oleh mahasiswa, pada dasarnya sama seperti rencana bisnis pada umumnya. Hal ini ditunjukkan dengan dokumen tertulis yang harus disiapkan oleh wirausaha. Selain itu, isi dokumen harus menggambarkan semua unsur yang baik dan relevan mengenai perusahaan untuk memulai bisnis.

Mengingat pentingnya rencana bisnis bagi usaha, maka isi pada rencana bisnis harus jelas dan mudah dipahami. Artinya, sejauh mana proposal yang Anda buat ini mampu dipahami, mulai dari bidang usaha, jumlah tenaga kerja, kompetitor usaha, legalitas, dan modal yang dibutuhkan. Tanpa kejelasan poin tersebut, tentu bisnis tidak akan mudah mendapatkan investor karena point tidak tersampaikan.

Selain isi yang jelas, Anda juga harus melengkapi maksud yang dituliskan dan sesuai rencana. Meskipun membuat bisnis plan secara sederhana, maka penting untuk menyampaikan isi yang singkat dan padat. Ketika membuat contoh bisnis plan sederhana jangan sampai kekurangan satu aspek dari rencana yang dibuat agar mudah dipahami.

Tak berhenti sampai di situ saja, Anda juga perlu menyertakan data data yang akurat sebagai pendukung dalam hal perencanaan bisnis. Proposal bisnis yang baik akan menyertakan data data yang berkaitan dengan business plan yang Anda buat. Dengan begitu, rencana bisnis yang Anda buat tidak berjalan sia sia.

Aspek terpenting lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah kejujuran.

Rencana bisnis menjadi hal yang penting untuk membuat sebuah usaha.

angan sampai menutup nutupi sesuatu yang sebenarnya sudah direncanakan untuk keberlangsungan bisnis. Pasalnya, hal ini bisa berdampak pada kepercayaan pemberi dana modal atau rekan bisnis di kemudian hari. Ada baiknya, Anda juga tidak melebih lebihkan manfaat yang tidak sesuai fakta.

Sebagai contoh bisnis plan sederhana yang mudah diterapkan, Anda bisa memulai dengan membuat ringkasan dari bisnis yang ingin dikembangkan. Setelah itu, menyertakan tujuan dari pendirian perusahaan atau usaha. Tak lupa juga cantumkan visi dan misi, keunggulan, program pemasaran, rencana investasi, rencana pengembangan produk, sampai dengan analisis persaingan.

Dengan melakukan serangkaian persiapan yang matang dan langkah tepat, tentu bisnis yang ingin dikembangkan bisa berjalan cukup baik. Anda perlu membuat rencana bisnis yang bagus agar dapat menarik investor dan juga rekan bisnis. Sebab, hal inilah yang bisa menentukan apakah sebuah bisnis bisa dijalankan atau tidak dikemudian hari.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *