Pilihan Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi

  • Share
Pilihan Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi

Dalam kondisi hamil, tidak jarang seseorang mengalami beberapa keluhan termasuk sakit gigi. Pasalnya perubahan hormon ketika hamil juga dapat mengakibatkan mudahnya plak muncul, gusi menjadi bengkak, hingga nyeri. Namun ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat sakit gigi. Berikut obat sakit gigi untuk ibu hamil yang bisa dijadikan pilihan.

Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Bumil

1. Kumur Air Garam

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kemampuan air garam dalam menyembuhkan sakit gigi. Hal ini lantaran larutan air garam tersebut bisa bekerja mengubah kondisi mulut agar lebih kering, alhasil lingkungan di dalam mulut menjadi kurang kondusif sebagai tempat tinggal bakteri penyebab sakit gigi.

Oleh sebab itu, larutan garam ini dapat menjadi desinfektan alami yang aman untuk ibu hamil dalam mengatasi sakit gigi yang dirasakan. Selain mampu meringankan sakit gigi, larutan air garam juga bisa membantu mengangkat berbagai kotoran yang menempel di dalam mulut yang berasal dari sisa sisa makanan.

Berkumur dengan menggunakan air garam juga bisa mempercepat pemulihan luka di dalam mulut, hingga meredakan pembengkakan dan peradangan gusi. Cara paling tepat untuk berkumur menggunakan larutan air garam yaitu dengan campuran ½ sendok teh garam, dan dilakukan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.

2. Antibiotik

Selain air garam, obat sakit gigi untuk ibu hamil juga bisa memanfaatkan antibiotik. Namun anda tidak boleh menggunakan antibiotik tanpa anjuran atau resep dari dokter. Mengingat bahwa beberapa jenis antibiotik memiliki risiko dapat menimbulkan efek samping, yang tentunya bisa berbahaya bagi kehamilan serta janin di dalam kandungan.

Umumnya, ibu hamil yang mengalami sakit gigi karena disebabkan oleh infeksi bakteri akan diresepkan antibiotik ini oleh dokter. Penggunaan antibiotik biasanya dikonsumsi hingga habis sesuai dengan resep, meskipun gejala dari sakit gigi sudah mulai mereda. Hal ini dilakukan agar sakit gigi yang dialami tidak kambuh lagi sebelum benar benar sembuh.

3. Obat Pereda Nyeri

Pilihan Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi

Sakit gigi tidak jarang membuat penderitanya mengalami nyeri luar biasa, bahkan membuat berbagai aktivitas menjadi terganggu. Oleh karena itu, dokter biasanya juga dapat meresepkan pereda nyeri sebagai obat sakit gigi untuk ibu hamil. Obat pereda nyeri ini bisa seperti paracetamol, yang tergolong cukup aman untuk dikonsumsi bumil.

Namun sebaiknya anda tidak langsung mengonsumsi paracetamol sebelum berkonsultasi dengan dokter, terlebih beberapa obat pereda nyeri lainnya. Obat pereda nyeri yang sebaiknya dihindari dalam kondisi hamil antara lain aspirin, naproxen, ibuprofen, dan asam mefenamat, karena bisa lebih berisiko pada kandungan.

4. Obat Kumur Antiseptik

Obat kumur antiseptik juga bisa menjadi solusi untuk meredakan sakit gigi hingga mencegah pertumbuhan kuman di dalam mulut. Oleh karena itu, tidak jarang dokter akan meresepkan obat kumur antiseptik ini untuk mengatasi sakit yang anda alami. Pada nyeri gigi yang parah, biasanya obat kumur yang dianjurkan adalah dengan kandungan benzocaine.

Akan tetapi, obat dengan kandungan benzocaine hanya boleh digunakan selama beberapa hari saja. Sebab kandungan tersebut tergolong kurang aman digunakan apabila usia kandungan anda masih pada trimester pertama. Hindari membeli obat kumur yang dijual bebas, karena biasanya mengandung alkohol sehingga tidak sesuai dengan obat sakit gigi untuk ibu hamil.

Beberapa masalah mungkin bisa terjadi saat anda sedang mengandung, seperti sakit gigi ini. Namun untuk mengatasi masalah tersebut, bumil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat yang dijual bebas. Lakukan cara alami seperti kumur air garam serta berkonsultasi pada dokter untuk mengatasi sakit gigi secara aman.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *