Mudah Diterapkan, Yuk Intip Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

  • Share
Mudah Diterapkan, Yuk Intip Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

Hidung yang mampet bisa terjadi akibat alergi, flu, dan pilek. Apabila dibiarkan begitu saja, kondisi ini tentunya akan mengganggu kegiatan sehari. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat secara alami agar dapat melakukan aktivitas dengan nyaman. Lantas, bagaimana cara mengatasinya secara alami? Simak informasi selengkapnya di sini!

Mengatasi Hidung yang Mampet Secara Alami

1. Mandi Menggunakan Air Hangat

Mandi air hangat menjadi langkah paling mudah untuk atasi hidung tersumbat. Uap pancuran dari pancuran air hangat tersebut mampu membantu pernapasan menjadi kembali normal seperti sedia kala. Anda bisa mendapatkan efek lega ketika menghirup uap panas dari pancuran di wastafel dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan manfaat dari langkah yang satu ini, caranya cukup mudah. Pertama, nyalakan air panas terlebih dahulu pada bak kamar mandi. Sesuaikan suhunya sampai tepat, lalu letakkan handuk di atas kepala Anda. Arahkan kepala dan handuk Anda di atas wastafel. Setelah itu, tarik nafas secara dalam dalam untuk mendapatkan sensasi lega dari uap air.

2. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Mudah Diterapkan, Yuk Intip Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

Minyak kayu putih telah dipercaya sejak ratusan tahun sebagai bentuk penyembuhan. Minyak yang satu ini memiliki aroma yang cukup melegakan, sehingga dapat digunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat. Menghirup minyak kayu bisa memberikan sensasi lega dan mengurangi peradangan pada lapisan hidung.

Cukup teteskan minyak kayu putih ke dalam wadah dengan air mendidih. Kemudian, hiruplah uap yang dihasilkan dari uap tersebut. Selain membuat uap dari air mendidih, Anda juga dapat menggunakan minyak kayu putih secara langsung. Caranya, teteskan di telapak tangan dan hiruplah aroma tersebut secara dalam dalam.

3. Menggunakan Pelembab Udara

Pelembab Udara atau humidifier efektif untuk meredakan dan mengurangi hidung tersumbat. Udara lembab yang dihasilkan dari humidifier ini dapat menenangkan jaringan yang membengkak di bagian sinus dan hidung. Tak hanya itu saja, pelembab ini juga akan menipiskan lapisan lendir pada sinus. Letakkan saja humidifier pada area tertentu untuk meredakan hidung mampet.

4. Gunakan Semprotan hidung

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat lainnya yang bisa Anda terapkan dengan mudah dan praktis yaitu menggunakan semprotan hidung. Saline spray ini mengandung garam yang mampu bekerja untuk mengeluarkan lendir di dalam hidung. Namun sebelum menggunakannya, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar tidak membahayakan.

5. Menjaga Tubuh Agar Tetap Terhidrasi

Menjaga cairan tubuh agar tetap terhidrasi menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi masalah hidung mampet. Anda bisa menggunakan hampir semua cairan, seperti minuman isotonik, air putih, dan jus. Asupan cairan yang terpenuhi mampu mengencerkan lendir pada saluran hidung dan juga mendorong cairan lebih mudah keluar dari hidung.

6. Menggunakan Kompres Hangat

Kompres hangat bisa membantu Anda untuk melepaskan hidung tersumbat dan membuat saluran hidung dari luar. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan langkah ini yaitu rendam handuk pada air hangat. Kemudian, peras dari handuk dan letakkan pada permukaan hidung atau dahi. Sensasi hangat tersebut mampu memberikan rasa nyaman sakit pada hidung tersumbat.
Ketika hidung mengalami iritasi, keadaan ini dapat menyebabkan pembengkakan di saluran hidung. Kondisi inilah yang membuat hidung seseorang tersumbat dan menyebabkan kesulitan bernapas. Agar tidak mengganggu aktivitas sehari hari, segera atasi dengan cara menggunakan kompres hangat, humidifier, dan juga uap panas. Dijamin hidung bisa lebih lega dan tidak mampet lagi.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *