Mengulik Prosedur Cara Bayar Pajak Motor Secara Offline Maupun Online

  • Share
Mengulik Prosedur Cara Bayar Pajak Motor Secara Offline Maupun Online

Sudah menjadi kewajiban bahwa setiap pemilik kendaraan bermotor harus membayar pajak baik tahunan maupun lima tahunan. Hal ini bahkan tercantum dalam peraturan perundang undangan di Indonesia. Cara bayar pajak motor tahunan dan lima tahunan ini memiliki prosedur yang berbeda. Lebih lengkap, simak ulasannya berikut.

Prosedur Bayar Pajak Tahunan Offline

Pembayaran pajak motor tahunan secara offline bisa dilakukan secara langsung ke kantor Samsat. Anda hanya perlu mengisi formulir yang telah disediakan lalu menyerahkannya bersamaan dengan beberapa dokumen persyaratan. Berkas dokumen persyaratannya yaitu KTP asli dari pemilik motor dan fotokopinya, STNK asli dan fotokopi, serta BPKB asli dan fotokopinya.

Untuk KTP dan BPKB asli hanya perlu ditunjukkan saja, tidak diserahkan pada petugas. Selanjutnya anda akan diminta membayar pajak motor sesuai dengan nominal yang telah ditentukan, beserta dengan dendanya apabila pembayaran terlambat. Simpan bukti pembayaran untuk mengambil STNK. Selain di kantor Samsat, anda juga bisa melakukan pembayaran di Samsat keliling.

Prosedur Bayar Pajak Tahunan Online

Mengulik Prosedur Cara Bayar Pajak Motor Secara Offline Maupun Online

Cara bayar pajak motor juga dapat dilakukan secara online tanpa harus datang langsung ke Samsat. Pertama tama anda anda perlu mengunduh aplikasi Samsat Online Nasional terlebih dahulu. Namun aplikasi ini belum tersedia pada App Store atau untuk iOS, jadi anda hanya bisa mengunduhnya melalui Google Play Store.

Apabila sudah terunduh, buka aplikasi dan pilih pendaftaran. Di sini anda diminta untuk memasukkan beberapa informasi terkait dengan NIK hingga nomor polisi yang tercantum pada STNK. Setelah formulir diisi dengan lengkap, anda pun akan mendapat kode pembayaran yang umumnya berlaku selama kurang lebih 2 jam.

Lakukan pembayaran sesuai dengan tarif pajak yang telah ditetapkan, baik melalui bank maupun modern channel seperti LinkAja atau lainnya. Jika pembayaran sudah selesai dilakukan, nantinya melalui menu E-TBPKP anda akan memperoleh tampilan pengesahan STNK virtual. Bentuk fisiknya akan dikirim ke alamat yang tertera pada STNK setelah beberapa hari.

Prosedur Bayar Pajak Tahunan di Indomaret atau Alfamart

Minimarket seperti Indomaret dan Alfamart saat ini telah menghadirkan kemudahan untuk cara bayar pajak motor. Terlebih kedua minimarket tersebut bisa ditemukan dengan mudah di lingkungan dekat rumah. Anda hanya perlu datang ke minimarket dan langsung menuju ke kasir untuk membayar pajak.

Jangan lupa untuk membawa serta KTP pemilik kendaraan serta STNK asli motor. Karena kasir nantinya akan menanyakan nomor KTP, nomor HP wajib pajak, nomor polisi kendaraan, hingga nomor mesin kendaraan. Apabila data sudah lengkap, nominal pajak yang perlu anda bayarkan akan muncul dan anda pun bisa langsung membayarnya melalui kasir.

Setelah pembayaran, anda akan memperoleh struk bukti pembayaran beserta SMS bitly berisi ERI (Electronic Registration and Identification). Apabila pesan ini di-klik, anda akan menemukan tanda bukti pelunasan yang dilengkapi QR code. Lakukan pengesahan STBK di Polsek ataupun Polres terdekat. Nantinya e-TBPKP bisa anda cetak sendiri melalui QR code yang telah disahkan.

Prosedur Bayar Pajak Motor Lima Tahunan

Untuk bayar pajak pajak motor lima tahunan memiliki prosedur yang sedikit berbeda dengan pembayaran pajak tahunan. Anda hanya dapat melakukan pembayaran dengan datang secara langsung ke Samsat, karena mencakup pengecekan fisik kendaraan dan disertai penerbitan STNK baru dan juga penggantian plat nomor.

Beberapa berkas yang perlu anda siapkan antara lain KTP asli dan fotokopi dari pemilik kendaraan, STNK asli dan fotokopiannya, BPKB asli dan fotokopi, formulir perpanjangan STNK, dan juga sepeda motor yang pajaknya perlu dibayarkan. Ikuti step by step yang diarahkan dari kantor Samsat, maka anda pun sudah melakukan cara bayar pajak motor lima tahunan.

Pembayaran pajak motor sudah tidak sulit lagi untuk dilakukan, terlebih dengan adanya teknologi canggih seperti sekarang. Namun bayar pajak motor lima tahunan tetap harus dilakukan langsung ke kantor Samsat, lantaran harus dilakukan pengecekan fisik terhadap kendaraan hingga penerbitan STNK dan plat nomor baru.

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *