Mengulik Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Beserta Tujuannya

  • Share
Mengulik Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Beserta Tujuannya

Ketika mendirikan sebuah bisnis, tentu ide yang brilian tidaklah cukup untuk membuat bisnis menjadi sukses. Ada beberapa faktor penentu yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya yaitu studi kelayakan bisnis. Meskipun cukup penting, masih banyak pengusaha yang belum mengenal pengertian studi kelayakan bisnis dan tujuannya. Untuk itu, berikut informasi detailnya!

Tentang Studi Kelayakan Bisnis yang Wajib Anda Tahu

Mengulik Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Beserta Tujuannya

Bagi sebagian orang awam maupun pebisnis pemula, studi kelayakan terhadap bisnis ini mungkin akan terdengar asing. Padahal, studi ini memiliki peranan yang cukup signifikan terhadap keberhasilan suatu usaha yang dijalankan. Maka dari itu, ada baiknya jika pebisnis pemula bisa memahami terlebih dahulu mengenai detail informasi kegiatan tersebut.

Studi kelayakan bisnis ini menjadi kegiatan yang dilakukan agar menentukan apakah suatu bisnis pantas dijalankan atau tidak. Aktivitas ini terdiri dari beberapa langkah, mulai dari identifikasi peluang, masalah, menentukan tujuan, manfaat yang dihasilkan, serta menggambarkan bagaimana keadaan bisnis yang dijalankan.

Setelah mengetahui pengertian studi kelayakan bisnis, tentunya Anda bisa lebih paham lebih lanjut mengenai pengambilan keputusan yang tepat. Bagi seorang pemula, studi ini berperan sangat vital agar tidak mengalami kerugian yang besar. Setidaknya akan ada lima bidang yang diteliti, deskripsi pasar, bisnis, teknologi, detail finansial, sampai kesimpulan bisnis bisa maju.

Aspek Aspek Penting Untuk Melakukan Studi Kelayakan Bisnis

Mengulik Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Beserta Tujuannya

Saat melakukan kegiatan ini, ada banyak aspek yang harus diteliti dan juga dipahami. Pada dasarnya, aspek tersebut dapat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Meskipun begitu, aspek dasar yang perlu diketahui dengan baik ketika analisis studi kelayakan yaitu aspek hukum atau legalitas, ekonomi serta budaya, pemasaran, manajemen, dan keuangan.

Untuk aspek hukum atau legalitas ini akan menyangkut pada semua hal yang berhubungan dengan ketentuan hukum ketika mendirikan sebuah perusahaan. Dalam hal ini, poin poin yang dianalisis meliputi, NPWP, akta pendirian perusahaan dari notaris, surat tanda daftar perusahaan, surat izin usaha perdagangan (SIUP), dan surat tanda daftar perusahaan.

Pengertian studi kelayakan bisnis selanjutnya ada aspek budaya terkait bagaimana perusahaan bisa mempengaruhi adat istiadat di lingkungan sekitarnya. Dari sisi ekonomi, analisis ini akan berdampak pada tingkat per kapita di wilayah tempat perusahaan didirikan. Sedangkan pada aspek pemasaran, apakah perusahaan dapat menghasilkan produk yang memiliki peluang pasar.

Tak hanya itu saja, ada juga aspek manajemen dan keuangan yang turut dianalisis. Studi ini berkaitan sangat erat dengan manajemen operasional pada perusahaan serta perencanaan keuangan secara menyeluruh. Dengan adanya aspek aspek tersebut, tentu akan membuat usaha yang sedang dijalankan menjadi lebih sukses di kemudian hari.

Tujuan Dilakukannya Kegiatan Studi Kelayakan Bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, studi kelayakan bisnis ini memiliki peranan yang cukup penting dalam menentukan kesuksesan usaha. Tujuannya tidak lain bukan untuk mengetahui apakah sebuah usaha berpeluang memiliki kelanjutan atau bahkan bisa berhenti pada waktu tertentu yang tidak terduga.

Pasalnya, dalam merintis sebuah bisnis, maka pengusaha pasti ingin merasakan keberhasilan. Namun, tanpa adanya pengertian studi kelayakan bisnis dan lain sebagainya, bisa saja bisnis tidak bisa dijalankan. Sehingga, perusahaan akan mengalami kerugian dan sulit untuk mengambil keputusan yang tepat.

Itulah beberapa informasi mengenai studi kelayakan bisnis sebelum menjalankan sebuah usaha. Langkah ini cukup vital, mengingat semua keberhasilan memerlukan sebuah perencanaan yang matang. Dengan adanya kegiatan studi kelayakan bisnis, maka Anda bisa mengetahui apakah bisnis dapat berlangsung secara lama atau mengalami kerugian.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *