Mengulik Cara Investasi Reksadana Online untuk Pemula

  • Share
Mengulik Cara Investasi Reksadana Online untuk Pemula

Kegiatan investasi memang sudah banyak dilirik oleh masyarakat untuk tabungan di masa depan. Namun masih cukup banyak orang yang merasa bingung bagaimana cara melakukan investasi, termasuk investasi reksadana. Kebingungan ini membuat mereka pada akhirnya ragu untuk memulai investasi. Bagi anda yang tertarik, berikut cara investasi reksadana online untuk pemula.

Mengenal Apa Itu Reksadana Online

Sebelum benar benar memilih melakukan investasi reksadana secara online, tentu anda perlu mengenal terlebih dahulu jenis instrumen investasi satu ini. Reksadana sendiri bisa diartikan sebagai wadah untuk menghimpun dana masyarakat pemodal atau investor, untuk selanjutnya oleh manajer investasi akan diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek.

Reksadana online merupakan produk investasi reksadana yang bisa anda lakukan dari mana saja tanpa perlu repot ke kantor manajer investasi. Cara melakukan investasi reksadana online ini tidak sulit, karena anda hanya harus berselancar di internet. Namun sebelumnya anda perlu mendaftar ke situs perusahaan manajer investasi untuk melakukan hal tersebut.

Cara Mendaftar Reksadana Secara Online

Mengulik Cara Investasi Reksadana Online untuk Pemula

Seperti yang telah disinggung, cara investasi reksadana online perlu dimulai dengan mendaftar terlebih dahulu pada situs perusahaan manajer investasi. Carilah situs resmi dari perusahaan yang anda inginkan. Biasanya para perusahaan ini akan meminta anda untuk mengisi formulir pendaftaran serta mengunggah beberapa dokumen sebagai persyaratan.

Beberapa dokumen yang diminta umumnya adalah seperti KTP dan NPWP. Dokumen yang menjadi persyaratan mungkin bisa berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Jadi pastikan anda membaca dengan cermat setiap ketentuan yang ada. Ikuti setiap langkahnya step by step yang telah diarahkan oleh perusahaan.

Macam Macam Reksadana

Setelah mendaftar, anda bisa memilih beragam jenis reksadana. Beberapa di antaranya yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, serta reksadana saham yang perbedaannya terletak pada alokasi investasi. Jika melakukan cara investasi reksadana online pasar uang, maka seluruhnya modal anda ini akan ditempatkan pada instrumen pasar uang.

Seperti obligasi, surat berharga pasar uang, sertifikat bank Indonesia, dan deposito berjangka. Untuk reksadana pendapatan tetap, penempatan dananya dialokasikan pada efek utang dengan komposisi minimal yaitu 80%. Lalu reksadana campuran dialokasikan pada berbagai instrumen keuangan secara sekaligus seperti pasar uang dan saham, obligasi, hingga deposito.

Dan yang terakhir yaitu reksadana saham, dimana minimal 80% penempatan dananya ke berbagai efek saham lalu sisanya sebanyak 20% akan ditempatkan ke pasar uang. Setiap jenis reksadana tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, sehingga anda perlu cermat dalam memilih, sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Autodebet Reksadana

Agar semakin memudahkan anda dalam cara investasi reksadana online, umumnya terdapat fasilitas autodebet untuk para investor. Layanan ini menawarkan penarikan dana secara otomatis dengan waktu serta jumlah yang telah disepakati. Fasilitas ini tentunya akan berjalan apabila telah disepakati oleh kedua belah pihak, yaitu antara manajer investasi dan nasabah.

Dengan adanya autodebet reksadana, anda tidak perlu lagi repot untuk melakukan transfer dana ketika ingin top up bulanan. Menariknya lagi, apabila kondisi saldo anda pada rekening penarikan utama ternyata tidak mencukupi, maka hal ini tidak akan dianggap sebagai utang. Selain itu penting diingat bahwa layanan ini tetap tidak mewajibkan anda untuk top up setiap bulan.

Menarik bukan melakukan investasi reksadana secara online ? Bahkan saat ini sudah banyak manajer investasi yang menyediakan situs informatif mengenai produk serta layanan reksadananya. Jadi hanya dalam satu genggaman dan beberapa klik saja, anda sudah bisa melakukan investasi dan mendapat keuntungan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *