Mengulik 5 Aspek Dasar Untuk Diteliti Di Dalam Proposal Studi Kelayakan Bisnis

  • Share
Mengulik 5 Aspek Dasar Untuk Diteliti Di Dalam Proposal Studi Kelayakan Bisnis

Mendirikan suatu bisnis bukanlah perkara yang mudah. Modal besar dan ide cemerlang bahkan dianggap tidak akan cukup untuk membuat bisnis sukses. Hal tersebut karena banyak hal yang harus dipertimbangkan. Di sinilah peran proposal studi kelayakan bisnis. Lantas apa yang harus diteliti dalam studi ini? Berikut adalah 5 aspek yang harus selalu diperhatikan.

Aspek Aspek Studi Kelayakan Pada Bisnis Yang Harus Dipertimbangkan

Mengulik 5 Aspek Dasar Untuk Diteliti Di Dalam Proposal Studi Kelayakan Bisnis

1. Aspek Ekonomi Dan Budaya

Aspek yang satu ini mungkin kerap luput dari pemikiran karena berkaitan dengan dampak usaha. Dikatakan sebagai dampak, karena setiap bisnis yang dilakukan pastinya akan memberi dampak akan kondisi sekitar. Bisa saja tentang adat istiadat sekitar, atau dampak positif dan negatif pada pendapatan per kapita di wilayah tempat usaha didirikan.

2. Aspek Pasar Dan Pemasaran

Perihal yang satu ini sudah pasti menjadi pertimbangan pertama kali. Terutama di dalam studi kelayakan, analisa yang dilakukan akan menjawab pertanyaan akan kondisi pasar saat itu juga. Info tersebut akan membantu merumuskan apakah produk yang dijual belikan akan memiliki peluang pasar atau tidak.

Pada umumnya, proses ini mencakup pertanyaan yang kerap muncul guna meneliti peluang pasar. Beberapa pertanyaan proposal studi kelayakan bisnis tersebut bisa berupa seperti apa daya beli masyarakat, kondisi segmentasi pasar, situasi persaingan, potensi pasar, hingga jumlah konsumen potensial.

3. Aspek Hukum Dan Legalitas

Mengulik 5 Aspek Dasar Untuk Diteliti Di Dalam Proposal Studi Kelayakan Bisnis

Aspek hukum dan legalitas juga harus dilakukan karena menyangkut semua hal yang berkaitan dengan perizinan pengembangan perusahaan. Biasanya, aspek ini sendiri cukup tertata. Yang mana terdiri dari informasi mengenai surat tanda daftar perusahaan, surat izin usaha perdagangan, izin lokasi, hingga akta dari notaris.

4. Aspek Keuangan

Apalagi yang tidak kalah penting kalau bukan keuangan. Aspek yang satu ini mencakup banyak hal, termasuk modal dan perputaran uang. Namun, pada umumnya proposal berkaitan dengan studi kelayakan di fase awal lebih banyak berkaitan dengan modal untuk memulai usaha beserta dengan detail penggunaannya.

Kerap juga disebut dengan proses penganggaran, aspek yang satu ini kerap kali menjadi pertimbangan yang sangat krusial di dalam usia perusahaan. Detail perencanaan bisnis yang matang beserta proposal studi kelayakan bisnis pun hendaknya menjadi bekal untuk memulai usaha. Perumusan anggaran pun dikaitkan dengan berbagai aspek lainnya untuk mendapat hasil seimbang.

5. Aspek Manajemen

Lebih dari sekedar pendataan modal, peluang, hukum, dan ekonomi, aspek manajemen pun akan turut dianalisis dengan baik. Jika diperhatikan dengan baik, aspek ini berkaitan erat dengan segala operasional perusahaan. Baik itu dalam proses pembangunan ataupun pengembangan, semua aspek tentang manajemen harusnya direncanakan dengan matang.

Secara umum, cakupan dari aspek manajemen ini sendiri sangat luas karena bisa dikaitkan dengan segala aspek lainnya. Seperti contohnya adalah manajemen keuangan di awal dan selama bisnis dijalankan. Manajemen itu pun dapat dikaitkan kembali kepada kebutuhan karyawan, peralatan, dan fasilitas.

Dengan segala pertimbangan yang sangat terperinci dan juga mendalam, aspek manajemen pasti akan masuk di dalam bagian penting proposal studi kelayakan bisnis. Dalam kondisi tertentu, tidak jarang bahwa manajemen ini pun akan memberikan perencanaan detail akan finansial hingga manajemen sumber daya dan prasarana perusahaan.

Studi kelayakan memang menjadi salah satu prasyarat yang hendaknya dilakukan sebagai upaya perencanaan bisnis. Terutama mengingat jika aspek yang tercakup di dalam studi memiliki peranan penting di dalam keberlangsungan usaha. Seperti keuangan, manajemen, hingga aspek pasar, legalitas, dan budaya yang mana harus dilakukan semaksimal mungkin.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *