Mengintip Cara Membuat Dan Contoh Bisnis Plan Startup

  • Share
Mengintip Cara Membuat Dan Contoh Bisnis Plan Startup

Seorang pebisnis yang handal tentu akan memiliki ide cemerlang dalam membuka suatu bisnis baru. Hal ini cukup vital demi mendapatkan keuntungan yang sebesar besarnya dalam berbisnis atau membuka perusahaan rintisan (startup). Untuk itu diperlukan business plan yang tepat sebelum memulainya. Penasaran, dengan cara membuat dan contoh bisnis plan startup? Simak disini!

Alasan Membuat Bisnis Plan

Mengintip Cara Membuat Dan Contoh Bisnis Plan Startup

Pada dasarnya, sebuah rencana ini cukup penting diperhatikan dalam berbagai kondisi apa pun. Apalagi bagi Anda yang ingin membangun sebuah perusahaan rintisan baru atau start up. Business plan menjadi salah satu kunci kesuksesan utama yang wajib Anda pertimbangkan. Dengan begitu, ke depannya Anda bisa memulai bisnis jauh lebih mudah.

Bisnis plan sangat krusial dan perlu diperhatikan dalam menyiapkan dasar sebuah bisnis baru. Selain itu, bisnis plan juga menjadi strategi dan antisipasi apabila ada hal hal yang tidak diinginkan terjadi. Tentunya bisnis plan juga akan dijadikan panduan utama bagi seorang pengusaha agar tidak ada area yang terlupakan di dalam bisnis.

Cara Membuat Bisnis Plan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan memulai hal yang umum yaitu jenis bisnis, bentuk bisnis, lokasi, lisensi dan izin, serta manajemen dan karyawan. Contoh bisnis plan startup yang satu ini sangat penting diperhatikan agar persiapan lebih lancar. Selain itu, informasi dasar ini akan berguna untuk memasarkan produk atau jasa serta menjangkau target pasar lebih luas.

Poin kedua yang harus Anda perhatikan yaitu menyusun spesifikasi produk dan juga pelayanan servicenya. Langkah ini cukup penting agar Anda bisa fokus pada produk yang ingin dikembangkan. Produk harus memiliki spesifikasi yang jelas, sehingga calon pembeli dan pelanggan bisa mengetahui jenis apa yang sesuai dan tidak dengan kebutuhan yang diinginkan.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu deskripsi setiap produk, harga produk, dan juga sistem penjualan. Kejelasan akan spesifikasi ini akan menguntungkan pengusaha dalam memasarkan produk yang ada. Anda bisa menentukan sistem penjualan produk dengan cara eceran atau grosir.

Mengintip Cara Membuat Dan Contoh Bisnis Plan Startup

Langkah berikutnya, Anda bisa menentukan rencana pemasaran dan juga disebut dengan rencana pemasaran atau biasa disebut dengan marketing plan. Apabila sudah tersedia brand dan produk, maka Anda dapat menentukan pemasaran dengan tepat. Contoh bisnis plan startup ini akan bermanfaat untuk membuat pemasaran lebih terarah.

Rencana pemasaran yang harus Anda buat meliputi hal hal yang mendasar, seperti target pasar, rencana pemasaran, sampai dengan analisis pesaing. Aspek tersebut akan mengarah bagaimana pebisnis bisa menjual produk sekaligus mempromosikan ke pasaran. Tak hanya itu saja, rencana pemasaran juga penting diperhatikan untuk metode apa yang paling tepat digunakan.

Setelah membuat perencanaan pemasaran, langkah berikutnya yaitu diimbangi pembuatan catatan laporan keuangan. Hendaknya, Anda harus membuat rancangan mengenai biaya awal pembangunan bisnis, neraca awal, proyeksi penghasilan, anggaran bulanan, analisis titik impas, serta sumber dan juga penggunaan dana.

Poin poin tersebut penting dibuat jika berniat mengambil sumber dana dari pinjaman kepada lembaga penyedia pinjaman atau dana dari investor. Calon pemberi pinjaman biasanya akan meminta pemilik bisnis untuk merinci semua kebutuhan terhadap bisnis dan juga pembayaran kepada pemberi pinjaman sebagai contoh bisnis plan startup.

Itulah beberapa informasi yang wajib Anda tahu mengenai pentingnya membuat bisnis plan startup. Tujuannya untuk memberikan gambaran terhadap jenis usaha dan bentuk usaha yang akan dibuat. Tak hanya itu saja, rencana bisnis juga diperlukan untuk menarik para pemberi dana modal atau investor untuk keberlangsungan usaha.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *