Mengintip Berbagai Hal yang Bukan Penyebab Kegagalan Pebisnis

  • Share
Mengintip Berbagai Hal yang Bukan Penyebab Kegagalan Pebisnis

Dalam menjalankan bisnis, termasuk hal yang wajar jika pada praktiknya seseorang ada yang mengalami kesuksesan dan beberapa lainnya justru mengalami kegagalan. Tentunya kegagalan ini menjadi momok menakutkan bagi para pebisnis. Namun beberapa hal berikut bukan penyebab kegagalan pebisnis, yang mana banyak orang ternyata sedikit salah kaprah.

Hal yang Bukan Faktor Kegagalan Bisnis

Mengintip Berbagai Hal yang Bukan Penyebab Kegagalan Pebisnis

1. Kurangnya Modal

Banyak orang yang menganggap bahwa kurangnya modal atau modal yang kecil menjadi salah satu faktor gagalnya bisnis. Padahal, fakta di lapangan membuktikan bahwa banyak pebisnis yang juga sukses dengan awalnya mengandalkan modal kecil. Bahkan tidak jarang ada juga bisnis yang dimulai tanpa modal kemudian berkembang pesat.

Meski modal sendiri akan sangat menentukan bagaimana skala usaha di awal. Namun modal yang besar juga tidak selalu menjamin bisnis terkait akan berjalan dengan sukses. Banyak juga orang yang memiliki modal besar namun bergerak dengan langkah yang salah, kemudian pada akhirnya terpaksa harus gulung tikar.

2. Faktor Sial

Tidak sedikit orang yang menyebut bahwa kegagalan bisnisnya merupakan faktor kesialan semata, karena memang ia sedang apes saja. Padahal ini bukan penyebab kegagalan pebisnis. Orang yang menganggap faktor sial sebagai akibat dari kegagalan, dan faktor keberuntungan sebagai penyebab kesuksesan suatu bisnis merupakan mereka yang tidak mau belajar.

Dengan mengkambinghitamkan faktor sial, mereka tidak melakukan evaluasi terhadap kinerja diri sendiri serta strategi yang diterapkan dalam menjalankan bisnisnya. Padahal isa jadi bahwa langkah yang diambil selama ini merupakan salah satu penyebab gagalnya bisnis. Atau bisa juga karena kurangnya usaha dan doa yang dilakukan oleh orang tersebut.

3. Tidak Ditunjang Peralatan Canggih

Mengintip Berbagai Hal yang Bukan Penyebab Kegagalan Pebisnis

Tidak ditunjang oleh berbagai peralatan canggih menjadi salah satu hal yang sering disebut sebagai faktor kegagalan bisnis. Padahal memang tidak semua bisnis membutuhkan peralatan canggih untuk mencapai kesuksesan. Pasalnya banyak pula orang sukses yang mengandalkan perlengkapan sederhana, bahkan dari barang bekas.

Perlu diingat bahwa memulai usaha tidak selalu menuntut anda harus menghadirkan barang baru dengan kecanggihan terkini. Meski peralatan canggih terkadang memang dapat memudahkan banyak pekerjaan. Namun tidak memilikinya tentu bukan penyebab kegagalan pebisnis, karena barang lama pun bisa anda jadikan sebagai peralatan memadai untuk menunjang operasional.

4. Over Proud

Over proud atau terlalu percaya diri memang sebaiknya dihindari karena bisa membawa anda pada kesombongan, yang alhasil membuat perencanaan menjadi tidak matang sebab telah terlalu percaya bahwa hasilnya pasti memuaskan. Kendati demikian, terlalu percaya diri tidak bisa langsung disebut sebagai faktor kegagalan bisnis.

Justru sebaliknya, tidak percaya diri dan memandang rendah pada kemampuan sendiri akan membuat anda tidak berani melangkah serta tidak mencoba mengambil apapun kesempatan yang ada. Sehingga bisnis pun pada akhirnya tidak berjalan dengan lancar karena tidak ada kesempatan yang dicoba.

Jadi percaya pada kemampuan diri sendiri yang diimbangi dengan perencanaan matang, serta mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang ada malah akan membantu anda dalam menggapai kesuksesan. Tentu akan lebih baik bila sikap ini tetap diimbangi dengan sikap rendah hati, agar tidak menjadikannya bukan penyebab kegagalan pebisnis.

Beberapa orang memang sering kali salah kaprah dan menyangka bahwa hal yang telah disebutkan di atas, merupakan faktor dari kegagalan bisnis yang dijalankan. Padahal beberapa aspek ini tidak selalu demikian, meski bisa juga memicu langkah yang anda ambil ke depannya dalam bisnis. Maka dari itu, penting untuk menerapkan strategi matang dan jangan menyerah dalam berusaha.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *