Mengintip Alasan Dibalik Buah Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil di Sini

  • Share
Mengintip Alasan Dibalik Buah Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil di Sini

Buah memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Mengingat ibu hamil harus memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Kendati demikian, ada beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil karena kandungannya yang tidak baik untuk ibu juga janin. Sebenarnya, benarkah jika buah buah tersebut tidak diijinkan bagi bumil? Simak ulasannya berikut

Daftar Buah Yang Dilarang Bagi Ibu Hamil Beserta Alasannya

1. Pepaya

Pepaya terkenal sebagai buah yang memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh. dan apakah memang buah ini tidak diperbolehkan dikonsumsi ibu hamil? Jawabannya iya juga tidak. Karena pepaya memiliki banyak nutrisi penting seperti vitamin A, B dan vit C, kalium, Folat juga serat. Namun jika yang dikonsumsi pepaya mentah maka akan berbahaya bagi ibu hamil.

Karena pepaya yang mentah mengandung lateks juga papain. Lateks bisa memicu terjadinya kontraksi rahim. Sementara papain mampu menyebabkan adanya induksi persalinan, sehingga memungkinkan melahirkan dini. Untuk itu, ibu hamil bisa memilih pepaya dengan kulit oranye dan sudah matang. Namun jika anda ragu, ada baiknya untuk konsultasi lebih dahulu dengan dokter.

2. Nanas

Buah nanas kondang sebagai buah yang dilarang untuk ibu hamil. Buah berwarna kuning ini dipercaya bisa menyebabkan keguguran dan juga berisiko melahirkan bayi cacat. Isu tersebut bukan tanpa alasan, karena nanas memang mengandung enzim bromelain. Bromelain ini memang tidak direkomendasikan bagi bumil, baik dalam buah maupun yang bentuk tablet.

Bromelain diklaim mampu melunakkan serviks dan juga menyebabkan ibu mengalami persalinan dini. Kadar bromelain yang ada di nanas sendiri tidaklah tinggi. Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang pas, nanas mengandung zat besi juga vitamin C. Hingga kini masih belum ada studi yang membuktikan jika nanas menyebabkan keguguran.

3. Durian

Buah selanjutnya yang diyakini berbahaya bagi ibu hamil adalah durian. Buah ini diyakini bisa menyebabkan keguguran juga pendarahan ketika persalinan. Tak heran jika buah ini masuk di daftar buah yang dilarang untuk ibu hamil. Nyatanya, buah satu ini tidak apa apa dikonsumsi oleh bumil dan justru mengandung banyak vitamin yang baik bagi bumil.

Hanya saja, porsi dalam mengkonsumsinya harus benar benar diperhatikan. Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi dalam jumlah yang tinggi. Durian mengandung karbohidrat yang melimpah juga gula yang bisa menyebabkan bumi obesitas juga diabetes. Dan juga, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat janin masih memasuki trisemester pertama.

4. Anggur

Mengintip Alasan Dibalik Buah Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil di Sini

Anggur termasuk buah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama hamil. Hal ini dikarenakan kandungan resveratrolnya yang bisa membuat hormon tidak stabil selama hamil. Anggur juga bisa menaikkan temperatur tubuh sang ibu. Untuk itu, buah satu ini termasuk buah yang merugikan ibu dan juga janin yang sebaiknya dihindari dahulu.

5. Semangka

Semangka merupakan buah yang sangat menyehatkan, sebab bisa membuang racun dari proses hidrasi. Sebenarnya semangka juga aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun menjadi buah yang dilarang untuk ibu hamil jika konsumsinya berlebihan. Sebab mampu untuk menaikkan kadar gula pada darah. Selain itu juga ada sifat diuretik yang bisa membuang nutrisi penting.

Itulah beberapa buah buahan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama hamil. Beberapa memang masih terbilang aman selama jumlahnya tidak berlebihan. Apabila anda merasa ragu, apalagi mitos terkait buah buahan ini juga banyak beredar. Maka akan lebih baik jika sebelum mengkonsumsinya, anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *