Mengenal Teknologi Li-Fi, Koneksi Internet dengan Kecepatan Super Cepat

  • Share
Teknologi Li-Fi
Teknologi Li-Fi

Sejauh ini teknologi wi-fi masih sangat diandalkan untuk koneksi internat pada banyak perangkat sekaligus. Tapi, tahukah Anda bahwa teknologi wi-fi ini diprediksi akan tergeser oleh Li-Fi, sebuah teknologi koneksi interne yang diklain jauh lebih cepat dibandingkan wi-fi. Penasaran seperti apa teknologi Li-fi dan bagaimana cara kerjanya? Simak ulasannya berikut ini.

 Mengenal Teknologi Li-Fi

Li-Fi atau Light Fidelity merupakan suatu teknologi jaringan nirkabel yang dilahirkan dari penelitian Oxford University dan University College. Sesuai dengan naamnya teknologi Li-Fi ini menggunakan cahaya sebagai media yang akan mengantarkan data. Kecepatan Li-fi sendiri bisa mencapai 100 Gbps, dan jika dibandingkan dengan wi-fi maka kecepatan li-fi ini jauh lebih tinggi. Saat ini kecepatan tertinggi yang bisa dicapai wi-fi adalah 135,7 Mbps dengan frekuensi radio konvensional.

Cara Kerja Light Fidelity atau Li-Fi

Karena Li-Fi menggunakan cahaya sebagai media pengantar data, maka agar sistem teknologi ini dapat berjalan harus dipasang sumber cahaya pada masing-masing perangkat yang akan dihubungkan. Beberapa contoh sumber cahaya yang dapat dimanfaatkan untuk Li-Fi diantaranya light sensor atau detector foto serta LED.

Pada saat cahaya di perangkat yang terpasang LED menyala, maka sensor pada perangkat lain akan mendeteksinya untuk kemudian menerjemahkannya menjadi biner 1. Banyaknya cahaya yang dipancarkan LED akan menjadi media pengirim pesan yang nantinya akan ditangkap oleh detektor cahaya yang terpasang di perangkat lainnya.

Saat ini LED baru mempunyai dua warna laser yaitu merah dan hijau meskipunke depannya LED ini akan dibuat dalam beberapa warna. Semakin banyak warna yang dihasilkan maka akan semakin besar informasi data yang akan dikirimkan ke sensor dalam satu waktu yang bersamaan. Saat menggunakan LED dengan 2 warna laser, kecepatan yang bisa dicapai hingga 1 Gbps, jadi jika semakin banyak warna tentu saja kecepatan yang akan didapat akan semakin besar.

Lalu apakah Anda penasaran mengapa teknologi Li-Fi ini dapat memiliki kecepatan yang sangat tinggi? Ternyata alasannya adalah karena adanya perbedaan sifat dan karakter yang dimiliki oleh LED jika dibandingkan dengan jenis lampu lainnya.

Baca juga : Apa Saja Tahapan Dalam Membuat Makalah Studi Kelayakan Bisnis? Cari Tahu Disini

Lampu Led rupanya dapat berkedip atau berganti kondisi mati nyala dalam kisaran waktu miliar detik atau nanodetik. Itulah sebabnya Anda mungkin akan melihatnya seperti tidak berkedip sama sekali. Kecepatan kedip ini jika dikonversi ke kecepatan data maka kecepatannya setara dengan 1 Gbits/detik. Kecepatan ini lebih besar dibandingkan dengan wi-fi yang kecepatannya hanya bisa mencapai 100 Mbits/detik.

Teknologi Li-Fi sendiri memiliki banyak kelebihan, diantaranya dapat mengurangi sampah elektromagnetik akibat gelombang radio serta dapat menjangkau daerah terpencil yang belum terfasilitasi kabel optik.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *