Mendalami Istilah Bisnis Lebih Terperinci Mengenai Pengertian, Tujuan, Jenisnya

  • Share
Mendalami Istilah Bisnis Lebih Terperinci Mengenai Pengertian, Tujuan, Jenisnya

Istilah bisnis mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Jika ditanya tentang apa yang mereka ketahui akan istilah tersebut, jawaban yang muncul kerap kali berkaitan dengan usaha dagang. Lantas, apakah jawaban tersebut sudah sesuai dengan pengertian bisnis menurut para ahli? Untuk mengetahui jawaban dan mengenal lebih dalam, simak ulasan berikut.

Mengenal Arti Sesungguhnya

Mendalami Istilah Bisnis Lebih Terperinci Mengenai Pengertian, Tujuan, Jenisnya

Jika berbicara mengenai arti suatu istilah yang sudah tidak awam di masyarakat, kerap kali definisinya sendiri cenderung menyempit. Padahal, tidak jarang bahwa definisi aslinya sebenarnya sangat luas dan beragam. Layaknya istilah bisnis atau Business. Beberapa ahli dunia merumuskannya secara cukup luas, namun memiliki inti yang sama yakni perdagangan.

Seperti yang disampaikan oleh profesor Owen, yang mendefinisikan bisnis sebagai sebuah perusahaan yang berkaitan dengan produksi dan distribusi produk. Yang kemudian dijual di pasaran atau menarik biaya akan jasa yang diberikan. Steinford 1979 pun menuturkan hal yang sama, dengan garis bawah penyediaan produk dan jasa yang diminati masyarakat.

Detail yang ditambahkan pun mencakup peningkatan kebutuhan akan sejajar dengan peningkatan perkembangan bisnis. Semuanya dilakukan guna memperoleh laba. Secara singkat, Griffin dan Ebert tahun 2007 pun mendefinisikan pengertian bisnis menurut para ahli sebagai organisasi penyedia jasa dan barang yang dilakukan guna memperoleh laba.

Jenis Bisnis Yang Ada Di Dunia

Namun guna memberi gambaran yang lebih dalam, memahami definisi saja tidaklah cukup. Dalam hal ini, Anda hendaknya mengenal jenis bisnis yang ternyata tidaklah singkat. Ditinjau dari tujuan pelaksanaan usaha, bisnis masuk dalam dua kategori utama. Yakni jenis bisnis nirlaba yang tidak berorientasi pada keuntungan, dan jenis profit oriented business.

Dalam prakteknya, Anda dapat mengelompokkan bisnis dalam bentuk swadaya masyarakat, yayasan, atau organisasi sosial sebagai bisnis nirlaba. Sedangkan perusahaan perseorangan, PT, CV, atau firma adalah jenis bisnis dengan orientasi keuntungan. Namun tidak hanya itu saja, bisnis pun dapat dikategorikan lagi sesuai dengan jenis kegiatannya.

Secara gamblang, di Indonesia sendiri jenis bisnis bisa dibagi menjadi empat macam. Bisnis jasa menawarkan pelayanan tidak berwujud. Bisnis industri berfokus pada bidang industri manufaktur layaknya mesin atau garmen. Ada pula bisnis ekstraktif di bidang pertambangan dan Bisnis agraris. Pemahaman pengertian bisnis menurut para ahli sebelumnya pun semakin terlengkapi.

Tujuan Dari Berbisnis

Mendalami Istilah Bisnis Lebih Terperinci Mengenai Pengertian, Tujuan, Jenisnya

Agar pemahaman istilah lebih beragam dan lengkap, tidak ada salahnya untuk menurut sertakan tujuan bisnis dalam pengertian secara luas. Berbicara tentang tujuan sendiri, secara garis besar memang ditujukan untuk memperoleh laba atau keuntungan. Namun, ada pula tujuan lain yang turut menyertai meski bukan semata mata untuk laba untung.

Beberapa tujuan pun akan berbeda sesuai dengan visi dan misi setiap usaha. Namun, ada pula yang menyampaikan bahwa tujuan dari bisnis berkaitan dengan upaya mencukupi kebutuhan keluarga, memakmurkan keluarga, memenuhi dan mencukupi kebutuhan, atau meneruskan jejak keluarga.

eretan tujuan itu pun dikaitkan dengan keinginan pribadi atau umum.
Pasalnya, beberapa pelaku bisnis mengatakan bahwa aktivitas yang dilakukan semata mata hanya untuk mencari pengalaman, mencoba, atau memanfaatkan waktu luang. Ada pula yang mengaitkan pengertian bisnis menurut para ahli dengan tujuan pengembangan usaha untuk melestarikan strata hidup masyarakat.

Jadi, apakah Anda sudah mengenal lebih baik akan istilah yang sangat jamak di pasaran ini? Secara gamblang, bisnis memang dikaitkan dengan aktivitas penyediaan barang dan jasa demi meraih laba. Bisnis sendiri juga terbagi dalam berbagai jenis, baik berdasar dari kegiatan atau tujuannya. Karena itulah, artian kata bisnis sendiri tidak cukup hanya tentang bisnis.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *