Mampu Cegah Bayi Lahir Cacat, Berikut Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

  • Share
Mampu Cegah Bayi Lahir Cacat, Berikut Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Apakah anda sudah pernah mencicipi buah naga? Buah yang memiliki kulit bagian luar yang bertumpuk dengan warna merah ini mudah ditemui di Indonesia. Untuk bagian dagingnya ada yang berwarna putih ada juga yang merah keunguan.Ternyata buah satu ini memiliki banyak manfaat terutama bagi bumil, simak manfaat buah naga untuk ibu hamil berikut.

Kegunaan Buah Naga bagi Ibu Hamil Yang Wajib Diketahui

1. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Otak Janin

Buah naga mengandung tiamin dan juga beberapa antioksidan yang nantinya akan membantu perkembangan otak janin. Tak hanya itu di dalam buah naga juga terdapat kandungan riboflavin yang akan mendukung tumbuhnya tulang, saraf bayi dan otot. Selain itu kandungan ini juga bisa membantu tubuh untuk menghasilkan energi.

2. Mencegah Bayi Cacat Lahir

Mampu Cegah Bayi Lahir Cacat, Berikut Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Setiap orang tua tentu ingin buah hatinya lahir dalam keadaan yang lengkap tanpa kekurangan suatu apapun. Dan buah naga ini memiliki kandungan folat yang melimpah, sehingga bisa dijadikan cemilan sehat untuk bumil. Folat sendiri mampu untuk melindungi dari cacat tabung saraf. Sehingga ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah naga secara rutin.

Dengan begitu manfaat buah naga untuk ibu hamil ini akan didapatkan secara maksimal. Apalagi, buah ini juga memiliki kandungan penting lainnya seperti vitamin C, vitamin B1, B2, dan B3. Hanya saja, ibu tetap harus mengetahui jumlah yang selayaknya dikonsumsi. Mengingat terlalu berlebihan juga tidak disarankan.

3. Melindungi dan Menjaga Kesehatan Sel

Seperti yang disebutkan sebelumnya, buah dengan bintik bintik hitam ini juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Vitamin C bagi janin sangat dibutuhkan, karena mampu untuk melindungi juga menjaga kesehatan sel. Bukan hanya itu, vitamin C juga akan membantu untuk membentuk kolagen yang ada di pembuluh darah, tulang, kulit dan otot.

Vitamin C akan membantu proses penyerapan zat besi pada tubuh secara maksimal. Tak heran jika vitamin ini memang selalu dibutuhkan di semua tubuh. hanya saja, agar bisa maksimal mendapatkan manfaat buah naga untuk ibu hamil ini secara maksimal tidak boleh berlebihan. Karena kelebihan vitamin C saat kehamilan akan meningkatkan lahir prematur.

4. Mencegah Sembelit

Sembelit menjadi salah satu masalah pencernaan yang sering dialami oleh ibu hamil. Dan buah naga akan membantu para ibu hamil untuk mencegah sembelit. Selama kehamilan, tubuh juga harus tetap mengeluarkan racun di dalam hari. Buah naga mengandung banyak serat yang baik. Ibu hamil sendiri setiap harinya dianjurkan konsumsi serat 25 sampai 30 gram.

5. Mencegah Anemia dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah naga memang memiliki banyak kandungan yang sangat berman bagi tubuh, dan bisa memenuhi kebutuhan zat bersih sekitar 7%. Bagi ibu hamil, zat besi ini akan mampu mencegah anemia sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga tidak gampang sakit dan terus dalam kondisi yang fits.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil satu ini, tentunya akan menurunkan risiko bayi memiliki berat badan rendah dan juga terlahir prematur. Selain itu, adanya antioksidannya juga akan melawan radikal bebas, mencegah pertumbuhan sel kanker juga mengendalikan kadar kolesterol. Dalam sehari, kebutuhan zat besi ibu hamil sekitar 27 mg per hari.

Buah naga tidak hanya enak dinikmati langsung, tapi juga bisa diolah menjadi berbagai olahan yang menarik. Seperti ditambahkan yogurt atau dijadikan sebagai jus buah segar. Namun, ada baiknya bagi ibu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar bisa merasakan manfaat buah satu ini.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *