5 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa

makanan pedas
makanan pedas

Makanan yang harus dihindari saat buka puasa Р Saat berpuasa terkadang Anda merasa sangat ingin memakan semua makanan ketika tiba waktunya berbuka. Tak jarang Anda pun menjadi sangat bersemangat untuk menyiapkan berbagai jenis makanan demi memuaskan keinginan Anda tanpa memperhatikan efeknya pada kesehatan tubuh Anda. Padahal ada beberapa jenis makanan yang lebih baik dihindari ketika berbuka. Karena selain dapat menimbulkan masalah kesehatan, juga bisa mempengaruhi fungsi organ tubuh.

Lalu, apa saja makanan yang harus dihindari saat buka puasa?

Makanan Bersantan

Salah satu makanan yang harus dihindari saat buka puasa adalah makanan yang mengandung banyak santan. Selain mengandung kalori yang tinggi yaitu 552 kalori setiap satu cangkir, santan juga mengandung lemak jenuh.

Tak masalah jika mengkonsumsi santan dalam jumlah sedikit dan tidak terlalu sering, namun jika setiap hari maka dapat menyebabkan gangguan dalam sistem pencernaan Anda. Dalam jangka panjang makanan bersantan dapat memicu penyakit jantung koroner.

Makanan Pedas

Makanan yang terlalu pedas juga merupakan makanan yang harus dihindari saat buka puasa. Makanan yang terlalu pedas dapat memicu reaksi asam yang dapat menyebabkan perut Anda nyeri dan kram. Saat Anda berbuka puasa perut Anda masih dalam keadaan kosong, sehingga jika langsung mengkonsumsi makanan pedas akan memicu iritasi pada lambung.

Bagi orang yang memiliki sistem pencernaan sensitif lebih tidak disarankan mengkonsumsi makanan pedas saat berbuka, karena dapat menimbulkan berbagai ketidaknyamanan. Seperti sesak di dada, kram perut, dan mulut terasa asam.

Makanan Tinggi Minyak

Apakah Anda termasuk orang yang tidak bisa berbuka tanpa gorengan? Jika iya mungkin sebaiknya mulai sekarang Anda mulai menguranginya. Makan dengan kandungan minyak tinggi, seperti gorengan dapat memicu tekanan darah tinggi, kolesterol dan juga kenaikan pada berat badan.

Jika Anda berniat menurunkan berat badan di bulan puasa ini, maka sebaiknya hindari gorengan untuk menu berbuka Anda.

Makanan Kaleng dan Makanan Instan

Makanan yang harus dihindari saat buka puasa selanjutnya yaitu makanan kaleng dan makanan instan. Makanan kaleng dan makanan instan memang cukup praktis, bahkan Anda tidak perlu repot ketika mengolahnya. Namun sebaiknya hindari makanan ini saat berbuka. Karena selain kurangnya nilai gizi, nutrisi dalam makanan kaleng dan makanan instan juga ternyata cukup sulit untuk diserap tubuh.

Baca juga : Waspada! Hindari 8 Jenis Makanan Penyebab Kanker Ini

Makanan Asam

Sama halnya dengan makanan pedas, makanan asam juga sebaiknya dihindari ketika berbuka karena dapat memicu asam lambung. Ketika berbuka puasa dengan makanan asam perut Anda mungkin akan merasakan sensasi terbakar dan juga mulas. Kondisi ini bahkan akan membuat perut Anda tidak nyaman.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari saat buka puasa, sebaiknya konsumsi makanan yang sehat saat berbuka untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *