Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Bintik Merah pada Kulit Disertai Gatal

  • Share
Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Bintik Merah pada Kulit Disertai Gatal

Munculnya bintik merah pada kulit tidak hanya membuat orang yang mengalami menjadi minder, tapi tanda ini juga bisa menjadi indikasi masalah kesehatan tertentu. Terlebih jika disertai dengan gatal, pasti bisa menganggu aktivitas sehari hari. Lalu apa penyebab bintik merah pada kulit disertai gatal ini, dan bagaimana mengobatinya ? Simak ulasannya berikut ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Plak Kulit

1. Biduran

Bintik merah pada kulit atau dalam istilah medis disebut sebagai plak kulit bisa terjadi karena urtikaria atau biduran. Faktor pemicu dari biduran ini antara lain udara panas atau dingin di lingkungan sekitar, merasa stres, infeksi, reaksi alergi, hingga penggunaan obat obatan tertentu layaknya OAINS (obat antiinflamasi nonsteroid) dan antibiotik.

Secara umum, biduran akan disertai dengan bentol bentol di kulit yang terasa menyengat, gatal, hingga perih. Bentol bentol ini biasa timbul pada satu bagian tubuh saja maupun menyebar pada beberapa bagian lainnya seperti pada telinga, leher, wajah, bibir, hingga lidah. Dalam banyak kasus, biduran bisa hilang secara alami dalam waktu kurang lebih 24 jam.

Jadi anda tidak perlu khawatir dan bingung untuk mengobati biduran tersebut. Kendati demikian pada beberapa kasus dimana rasa gatal akibat biduran ini dirasa begitu menganggu, maka anda pun dapat menggunakan obat antihistamin agar gatal mereda. Jika tidak kunjung hilang sendiri, bisa langsung berkonsultasi ke dokter.

2. Kurap

Bintik merah pada kulit disertai gatal juga bisa terjadi akibat dari akibat kurap. Bintik bintik merah ini merupakan gejala dari kurap, yang mana bentuknya bisa meluas hingga melingkar seperti cincin. Bercak merah ini bahkan acap kali disertai bersisik, gatal, hingga melepuh. Penyebab dari kurap sendiri adalah jamur, baik itu jamur epidermophyton, microsporum, dan trichophyton.

Kurap bisa menular melalui kontak langsung dengan penderita, maupun berkontak dengan benda yang telah terkontaminasi oleh jamur penyebab kurap. Maka dari itu, anda sebaiknya segera mengobati masalah kulit satu ini. Cara mengatasinya bisa menggunakan salep antijamur seperti miconazole atau clotrimazole. Segera konsultasi ke dokter jika tidak ada perubahan setelah 2 minggu.

3. Dermatitis Kontak

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Bintik Merah pada Kulit Disertai Gatal

Dermatitis menjadi salah satu penyebab dari munculnya bintik merah pada kulit disertai gatal. Dermatitis kontak sendiri adalah reaksi yang muncul apabila kulit anda mengalami kontak dengan zat yang dapat memicu alergi, bisa berupa produk kosmetik, sampo, sabun, perhiasan logam, hingga debu di sekitar.

Gejalanya tidak jauh berbeda dengan beberapa sebelumnya, yaitu muncul bercak merah pada kulit yang disertai gatal dan perih, bahkan melepuh pada beberapa kasus. Agar gejalanya mereda, anda bisa mengonsumsi obat antihistamin. Sebaiknya jangan garuk area kulit yang bermasalah, dan segera hindari paparan zat yang menjadi penyebab iritasi.

4. Dermatitis Atopik

Eksim atau dermatitis atopik bisa muncul pada berbagai tempat di tubuh, kebanyakan pada leher, lipatan siku, tangan, pergelangan kaki, tungkai, dan tubuh bagian atas. Bercak merah pada kulit ini terjadi karena penyakit yang berkaitan dengan asma, yang mana umumnya penyakit tersebut diturunkan oleh orangtua ke anaknya.

Gejala dari dermatitis atopik di antaranya yaitu bercak kemerahan, gatal, kulit terasa kasar dan tebal, kulit bersisik, dan muncul benjolan kecil dengan cairan di dalamnya. Untuk mengatasi bintik merah pada kulit disertai gatal ini, sebaiknya anda langsung berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan meresepkan krim kortikosteroid hingga obat antibiotik.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi bintik merah pada kulit yang muncul disertai gatal. Sebaiknya jangan menunggu lama untuk mengatasinya, karena bisa saja bertambah parah dan menganggu aktivitas sehari hari. Untuk penanganan terbaik, sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter yang lebih ahli.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *