Kenali 5 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui!

  • Share
Kenali 5 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui!

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai anjuran untuk tidak merokok yang ditempatkan di ruang publik. Pasalnya, bahaya merokok bagi kesehatan memang tidak perlu diragukan kembali. Dimana banyak sekali penyakit yang bisa disebabkannya baik untuk perokok aktif maupun perokok pasif. Berikut beberapa bahaya merokok yang perlu anda tahu.

Bahaya yang Ditimbulkan Rokok

1. Risiko Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit dengan angka penderita yang cukup tinggi di Indonesia. Faktanya, merokok ternyata dapat memperbesar risiko diabetes ini. Hal tersebut karena kandungan nikotin yang ada di dalam rokok dapat membuat kadar gula darah pada tubuh menjadi terlalu naik atau terlalu turun.

Di samping itu, kandungan nikotin ini akan mengubah proses kimia pada sel dan alhasil menimbulkan ketidakmampuan merespons insulin (resistensi insulin). Hormon insulin sendiri memiliki tugas membantu tubuh menyerap glukosa, sehingga resistensi insulin mengakibatkan kadar gula di dalam tubuh menjadi terlalu tinggi.

2. Penyakit Gigi dan Mulut

Bahaya merokok bagi kesehatan berikutnya yaitu berakibat pada penyakit gigi dan mulut. Dimana sejumlah penelitian yang menyebutkan bahwa perokok akan berisiko dua kali lipat terkena penyakit gusi. Gejala seseorang yang mengalami penyakit gusi ini di antaranya yaitu gigi menjadi sensitif, gigi tanggal, gusi berdarah ketika gosok gigi, hingga gusi yang terasa lunak dan bengkak.

Penyakit gusi tersebut biasa disebut dengan nama periodontitis, yaitu infeksi gusi yang dapat menghancurkan tulang yang berfungsi untuk menopang gigi. Penyakit inilah yang menjadi salah satu penyebab dari tanggalnya gigi pada orang dewasa. Jadi tidak heran jika perokok biasanya akan lebih cepat ompong di masa tua.

3. Penyakit Kardiovaskular

Kenali 5 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui!

Kardiovaskular merupakan sistem yang berfungsi mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh. Dimana sistem ini akan melibatkan kinerja jantung dan pembuluh darah. Penyakit kardiovaskular sangat mungkin terjadi pada perokok berat. Karena nikotin pada rokok dapat membuat pembuluh darah anda mengencang, sehingga membatasi aliran darah yang ada.
Jika pembuluh darah terus mengencang, maka lama kelamaan penyempitan akan terjadi yang disertai dengan kerusakan pada pembuluh darah tersebut. Selain itu, bahaya merokok bagi kesehatan juga akan melemahkan dinding pembuluh darah, meningkatkan risiko pembekuan darah, hingga meningkatkan tekanan darah. Sehingga risiko jantung koroner dan stroke akan meningkat tinggi.

4. Risiko Kanker

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kematian akibat kanker paru paru yang terjadi 90 persennya diakibatkan oleh rokok. Hal ini tentu memperlihatkan bagaimana bahayanya merokok untuk kesehatan tubuh. Bahkan bukan hanya kanker paru paru, merokok juga dapat menyebabkan berbagai kanker lainnya pada tubuh.

Mulai dari kanker hati, ginjal, serviks, mulut, laring atau kotak suara, tenggorokan, kerongkongan, pankreas, kandung kemih, usus 12 jari, dan perut. Karena saat sel sel di dalam tubuh terpapar oleh asap rokok, maka lama kelamaan akan merusak organ yang ada secara perlahan. Ini berlaku untuk semua jenis rokok apa pun yang telah anda isap.

5. Sistem Imun Jadi Melemah

Bahaya merokok bagi kesehatan selanjutnya yaitu bisa membuat sistem imun jadi melemah. Hal ini lantaran rokok memiliki kandungan tar serta zat kimia lainnya yang mampu melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia. Tentunya saat sistem kekebalan tubuh menurun, maka anda akan lebih rentan terhadap berbagai jenis penyakit.

Selain beberapa bahaya yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi bahaya merokok untuk kesehatan tubuh yang dapat terjadi. Melihat dari kondisi tersebut, maka berhenti merokok atau bahkan tidak merokok sama sekali tentu menjadi pilihan yang bijak. Dengan begitu anda bisa melindungi diri sendiri maupun orang orang di sekitar dari berbagai penyakit.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *