8 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol, Enak dan Menyehatkan

  • Share
sayuran pembasmi kolesterol
sayuran pembasmi kolesterol

Sayuran penurun kolesterol – Menaikkan angka kolesterol selalu lebih mudah dilakukan daripada harus menurunkan angka kolesterol. Saat kolesterol di tubuh terlalu tinggi tak hanya kesehatan secara menyeluruh saja yang akan terganggu, akan tetapi Anda juga memiliki risiko terserang penyumbatan pembuluh darah. Salah satu cara untuk membantu menurunkan kolesterol yaitu dengan rutin berolahraga, menjaga gaya hidup sehat dan juga mulai mengkonsumsi makanan yang sehat.

Ada beberapa jenis sayuran penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi saat kolesterol Anda sedang naik, diantaranya:

Terong

Salah satu sayuran penurun kolesterol yang sangat mudah ditemukan yaitu terong. Sayuran ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Jus terong dipercaya mampu menurunkan LDL atau kadar kolesterol jahat dan juga trigliserida. Sedangkan dalam 94 gram terong ternyata terdapat 2,4 gram serat yang menyehatkan tubuh Anda.

Bayam

Dalam setiap satu cangkir bayam ternyata Anda bisa mendapatkan sekitar 6 gram serat. Kandungan zat hijau dan serat inilah yang dapat membantu Anda untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Cara memasak terbaiknya adalah cukup dengan direbus sesaat sehingga kandungan gizi tidak hilang.

Brokoli

Sayuran penurun kolesterol yang selanjutnya yaitu brokoli. Sayuran berwarna hijau ini memiliki banyak kandungan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh seseorang.

Kandungan serat yang tinggi pada brokoli juga bisa membantu proses detoksifikasi secara alami di dalam tubuh Anda.

Buncis

Buncis yang merupakan kacang—kacangan ini juga masuk dalam kategori sayuran penurun kolesterol. Selain dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan juga trigliserida, buncis juga dapat membantu meringankan diabetes karena memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda.

Kale

Sayuran kale ini bisa dibilang sangat mirip dengan bayam. Kale ini memiliki kandungan berupa karotenoid dan lutein yang dapat membantu Anda menurunkan kolesterol. Selain itu kale juga mengandung zat yang bisa membantu tubuh mengikat asam empedu, sehingga nantinya kolesterol yang dibuang akan semakin besar.

Wortel

Tak hanya baik untuk kesehatan mata, rupanya wortel juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Wortel banyak mengandung lignin, hemiselulosa dan selulosa yang dapat membantu tubuh dalam mengikat kolesterol, sehingga kolesterol dalam darah bisa segera normal kembali.

Kacang Panjang

Kacang panjang memiliki kandungan serat yang cukup baik untuk membantu Anda menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu kacang panjang juga memiliki kandungan kalori dan lemak yang cukup rendah, sehingga akan lebih sehat untuk Anda konsumsi.

Baca juga :  5 Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan Tubuh

Okra

Okra juga menjadi salah satu jenis sayuran yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda. Memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sayuran okra ini bisa Anda konsumsi sehari-hari untuk pilihan sayuran sehat jika kolesterol Anda sedang tinggi.

Konsumsi berbagai jenis sayur di atas memang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, akan tetapi tetap ingat untuk menjaga gaya hidup sehat Anda. Keberadaan sayuran penurun kolesterol ini hanya sebagai pendorong, namun semua tetap kembali pada bagaimana menjalankan pola hidup Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *