Investor Wajib Tahu, Berikut 5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham

  • Share
Investor Wajib Tahu, Berikut 5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham

Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih oleh investor lantaran produk ini dinilai mampu memberikan banyak keuntungan. Pada praktiknya, perubahan harga saham baik naik atau turun menjadi hal yang lumrah. Sebagai seorang investor, anda perlu mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi harga saham ini. Berikut di antaranya.

Faktor yang Berpengaruh pada Harga Saham

1. Naik Turunnya Rupiah

Fluktuasi nilai Rupiah terhadap mata uang asing bisa menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada harga saham. Mengapa demikian ? Karena perusahaan perusahaan tertentu yang mempunyai mata uang asing akan langsung merasakan imbasnya. Terutama perusahaan terbuka yang bergerak pada bidang ekspor impor.

Jika fluktuasi Rupiah membuat kegiatan ekspor menurun, atau dengan kata lain penjualan produk perusahaan juga ikut menurun, maka nilai saham juga akan turun. Begitupun jika impor yang dilakukan perusahaan menjadi tinggi, tentu image akan terlihat lemah. Sehingga perusahaan pada akhirnya memilih menanggung modal yang jauh lebih besar.

2. Kondisi Ekonomi Negara

Investor Wajib Tahu, Berikut 5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham

Faktor yang mempengaruhi harga saham selanjutnya yaitu kondisi ekonomi negara. Ini sama halnya dengan fluktuasi kurs Rupiah, ekonomi negara atau ekonomi global juga bisa berdampak besar pada harga saham itu sendiri. Pasalnya kondisi pasar modal akan sangat berkaitan dengan ekonomi negara maupun global.

Indikator ekonomi yang membuat harga saham menjadi tidak stabil di antaranya yaitu tingkat inflasi dapat mempengaruhi kenaikan dari suku bunga acuan, lalu suku bunga acuan yang naik bisa membuat perusahaan yang memiliki utang bank mengalami penyusutan laba, hingga terjadinya deflasi karena penurunan indeks harga konsumen.

3. Fundamental Perusahaan

Selain faktor yang berasal dari luar perusahaan, harga saham suatu perusahaan juga bisa dipengaruhi oleh fundamental perusahaan itu sendiri. Dimana setiap perusahaan tentunya memerlukan investor untuk melakukan ekspansi bisnis hingga menjaga berjalannya arus kas. Jadi manajemen perusahaan harus menjaga kinerja seluruh karyawan agar tetap stabil selama satu kuartal.

Untuk itu, manajemen perusahaan perlu memperhatikan setiap kebijakan yang diambil karena hal ini tidak hanya mempengaruhi kinerja karyawan tapi juga harga saham. Mengapa demikian ? Semisal perusahaan melakukan merger dengan perusahaan lain yang kuat, maka tanggapan positif dari investor akan tinggi dan membuat harga saham juga bisa mengalami kenaikan.

4. Manipulasi Harga Saham

Ternyata, manipulasi harga saham juga acap kali dilakukan dan tentunya menjadi faktor yang mempengaruhi harga saham itu sendiri. Meski manipulasi ini dianggap sebagai hal negatif, namun kondisi ini memang cukup lumrah terjadi, khususnya di kalangan investor besar untuk mencapai suatu tujuan. Mereka bisa memanfaatkan media massa untuk melakukan hal ini.

5. Tren Beli Membeli di Kalangan Investor

Tren beli membeli di kalangan para investor bisa menjadi faktor yang berpengaruh terhadap perubahan harga saham. Sebab trend tersebut umumnya mempunyai efek berjamaah dan cukup besar dalam dunia bursa. Tren beli membeli saham ini bahkan memiliki istilah yang sudah begitu terkenal yaitu bullish dan bearish.

Bullish yaitu kondisi di mana harga saham mengalami kenaikan di pasaran, sementara bearish dapat diartikan sebaliknya yakni kondisi di mana harga saham di pasaran mengalami penurunan. Faktor yang mempengaruhi harga saham ini terjadi lantaran kecenderungan investor yang mengikuti jejak investor lainnya, seperti saat beberapa membeli saham A maka yang lain ikut melakukannya.

Itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kenaikan atau penurunan harga saham. Jadi penting bagi anda untuk mempelajari faktor faktor tersebut agar dapat menentukan strategi yang tepat dalam bermain saham. Analisis dan langkah yang tepat kapan harus membeli atau menjual saham akan membantu anda mendapat keuntungan maksimal.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *