Daftar Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi, anda Wajib Tahu

  • Share
Daftar Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi, anda Wajib Tahu

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat besi adalah salah satu cara untuk meminimalisir resiko anemia. Karena tanpa adanya zat besi, tubuh tidak mampu untuk memproduksi protein dan hemoglobin yang cukup. Akibatnya tubuh akan mudah kelelahan, sesak nafas juga mudah tersinggung. Berikut makanan yang mengandung zat besi tinggi yang bisa dikonsumsi.

Jenis Makanan Dengan Kandungan Zat Besi Yang Tinggi

1. Tahu

 

Tahu, makanan yang terbuat dari kedelai satu ini cukup populer di Indonesia. Terutama di kalangan vegetarian, karena selain mengandung protein yang tinggi kandungan zat besinya juga cukup tinggi. Dalam setengah cangkir tahu, zat besinya sekitar 3,4 mg atau setara dengan 19 persen kebutuhan zat besi dalam sehari. Kandungan lainnya dalam tahu juga tak kalah baik bagi tubuh.

2. Bayam

Bayam juga terkenal sebagai makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi. Sehingga masuk dalam jajaran makanan untuk mencegah anemia. Sayuran hijau ini mengandung 2,7 mg zat besi dalam 100 gramnya. Setidaknya jumlah ini akan menyediakan 15 persen dari kebutuhan harian. Bayam juga memiliki kandungan vitamin C yang meningkatkan penyerapan zat besi.

Tidak hanya itu, makanan yang mengandung zat besi ini juga memiliki kandungan antioksidan. Antioksidannya adalah jenis karotenoid yang bisa mengurangi peradangan, mengurangi risiko kanker dan juga melindungi mata. Konsumsi bayam yang ditambahkan lemak baik akan membantu menyerap antioksidannya, anda bisa mendapatkan lemak dari minyak zaitun.

3. Hati atau Jeroan

Daftar Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi, anda Wajib Tahu

Bahan makanan dengan kandungan zat besi tinggi selanjutnya adalah hati atau jeroan. Jeroan atau hati yang dimaksudkan adalah dari sapi, baik dari otak, ginjal hingga jantungnya mengandung zat besi tinggi. Dalam satu porsi hati sapi kandungan zat besinya sekitar 6,5 mg atau setara 36 persen kebutuhan harian. Selain itu juga mengandung beberapa vitamin serta tinggi protein.

Salah satu vitamin yang bisa ditemui adalah vitamin A juga Vitamin B. Dalam 3,5 ons hati sapi, kandungan vitamin A sudah bisa memenuhi kebutuhan harian. Selain itu, jeroan juga menjadi sumber kolin yang baik. Dimana kolin akan menutrisi kesehatan hati dan otak. Namun tetap saja tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi ini berlebihan.

4. Kerang

Tidak hanya nikmat, bahan makanan satu ini juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Dalam satu porsi kerang, jumlah zat besinya sekitar 17 persen dari kebutuhan harian. Hanya saja, jumlah ini bisa berbeda beda tergantung dari jenis kerangnya. Ada yang lebih tinggi ataupun lebih rendah. Kerang juga tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena kandungan kolesterol HDL nya.

5. Daging Merah

Anda bisa mengkonsumsi daging merah untuk mendapatkan asupan zat besi. Zat besinya bisa mencapai 15 persen dari jumlah harian yang dibutuhkan tubuh. Kandungan lain seperti protein, vitamin B dan seng juga selenium juga terkandung pada daging merah. Menariknya, makanan yang mengandung zat besi ini juga sumber zat besi heme.

6. Brokoli

Anda juga bisa mendapatkan asupan zat besi pada sayur brokoli. Memang hanya sekitar 6 persen saja, tapi vitamin lainnya pada sayur ini juga baik untuk tubuh. mengandung vitamin C, menjadikan penyerapan zat besi akan maksimal. beberapa kandungan lainnya seperti serat, folat dan vitamin K juga berguna bagi tubuh.

Demikian beberapa makanan yang memiliki kandungan zat besi dan mudah untuk didapatkan. Pastikan jika anda memperhatikan efeknya jika memilih makanan tersebut. mengingat beberapa diantaranya bisa meningkatkan kolesterol. Ada baiknya jika membatasi mengkonsumsinya dan tidak berlebihan.

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *