5 Ciri ciri Aplikasi Pinjaman Online yang Aman

  • Share
pinjaman online yang aman
pinjaman online yang aman

Ciri ciri aplikasi pinjaman online yang aman – Ingin mengajukan pinjaman online tapi takut data diri disalahgunakan? Tenang saja, di Indonesia sebenarnya ada banyak aplikasi pinjaman online yang aman dan sudah diakui Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan meminjam di aplikasi yang resmi dan aman, Anda tidak akan mendapat masalah di kemudian hari.

Selain itu, bunga di aplikasi pinjaman online yang resmi juga cenderung lebih rendah sehingga bisa menghemat pengeluaran Anda. Dan bagi Anda yang ingin meminjam secara online, sebaiknya simak dulu ulasan di bawah ini seputar ciri ciri aplikasi pinjaman online yang aman.

Ciri Ciri Aplikasi Pinjaman Online yang Resmi dan Aman

Ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan sebelum melakukan pinjaman online lewat aplikasi atau platform digital, yaitu:

1. Terdaftar di OJK

Seperti yang sebelumnya sudah disinggung, pastikan Anda hanya meminjam uang dari aplikasi yang sudah terdaftar di OJK. Untuk mengetahuinya Anda bisa memeriksa langsung di laman web ojk.go.id. Di sini OJK berperan sebagai pengawas sekaligus regulator lembaga keuangan di Indonesia. Fungsinya adalah melindungi masyarakat agar tidak terjadi hal-hal yang diluar kendali atau merugikan salah satu pihak.

2. Biaya Admin yang Transparan

Ciri ciri aplikasi pinjaman online yang aman juga bisa Anda lihat dari biaya admin yang transparan. Anda perlu teliti untuk membaca regulasi peminjaman dan mengetahui berapa biaya admin yang dibebankan kepada nasabah. Beberapa aplikasi nakal biasanya membebani biaya admin dalam jumlah yang terlalu besar, lebih dari 6%.

Biaya admin ini akan langsung dipotong dari jumlah dana yang Anda pinjam sehingga uang yang ditransfer ke rekening Anda nantinya tidak genap seperti jumlah yang disepakati.

3. Berapa Lama Tenor Pinjaman

Pastikan Anda juga mengetahui pilihan tenor pinjaman di aplikasi tersebut. Pinjaman online biasanya memberi beberapa opsi tenor, mulai dari 2 minggu, 3 bulan, hingga 12 bulan. Sebaiknya Anda tidak meminjam di aplikasi yang hanya menyediakan tenor mingguan karena bisa memberatkan nasabah.

Pilihlah tenor yang sesuai dengan kemampuan pembayaran. Idealnya tenor pinjaman online antara 3-6 bulan agar bunga yang dibayarkan juga tidak terlalu besar.

4. Jumlah Bunga Pinjaman

Ciri ciri aplikasi pinjaman online yang aman selanjutnya adalah besaran bunga. Aplikasi pinjaman yang aman dan resmi tidak akan mematok bunga yang terlalu besar. Rata-rata bunga pinjaman adalah 1,6-3% untuk tenor di bawah 12 bulan dan 6% untuk tenor di atas 12 bulan.

Baca juga : Terdaftar OJK! Ini Dia 5 Pinjaman Online dengan Bunga Terendah

5. Regulasi dan Denda Keterlambatan

Regulasi dan denda keterlambatan seringkali menjadi hal yang jarang dibaca oleh para pengguna aplikasi pinjol. Padahal informasi di dalamnya bisa sangat membantu Anda untuk terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Oleh karena itu Anda wajib membaca peraturannya dan apabila ada yang dirasa janggal maka sebaiknya hindari saja aplikasi tersebut.

Demikianlah beberapa ciri ciri aplikasi pinjaman online yang aman dan bisa Anda jadikan referensi ketika ingin menggunakannya, semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *