Cara Mengetahui Tanah Sengketa atau Tidak Agar Tak Salah Beli

  • Share
Cara mengetahui tanah sengketa atau tidak
Cara mengetahui tanah sengketa atau tidak

Cara mengetahui tanah sengketa atau tidak – Ketika akan membeli sebuah tanah atau lahan, hal paling penting yang harus Anda teliti adalah mengenai status tanah. Mulai dari status kepemilikan dan juga status apakah tanah tersebut masih dalam sengketa atau tidak. Hal ini untuk menjamin bahwa kedepannya Anda tidak akan terlibat masalah hukum apabila telah sah membeli tanah tersebut.

Lalu, bagaimana cara mengetahui tanah sengketa atau tidak? Berikut ini adalah beberapa cara cek tanah sengketa yang bisa Anda ikuti sebelum membeli tanah.

Cara Mengetahui Tanah Sengketa atau Tidak Menggunakan Aplikasi “Sentuh Tanahku”

Salah satu cara cek tanah sengketa dengan mudah yaitu menggunakan aplikasi Sentuh Tanahku yang bisa Anda peroleh dengan gratis di PlayStore. Adapun cara cek tanah sengketa adalah sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi Sentuh Tanahku dari PlayStore di ponsel Anda.
  2. Jika belum memiliki akun, maka pilih menu “Daftar Akun Baru”. Setelah itu tuliskan username, alamat email dan juga password yang nanti akan digunakan untuk log in.
  3. Buka email Anda, lalu klik tautan yang ada di badan email yang dikirim oleh aplikasi.
  4. Link ini berguna untuk aktivasi pengguna, untuk itu klik pada menu “Aktivasi” untuk melakukan proses pengaktifan pengguna.
  5. Setelah berhasil segera log in ke aplikasi Sentuh Tanahku.
  6. Cara mengetahui tanah sengketa atau tidak yaitu dengan mengecek status sertifikat, untuk itu masuk ke menu “Info Sertifikat”.

Pada menu ini Anda akan dapat menemukan status sertifikat dan juga kepemilikan tanah yang akan Anda beli dengan detail dan rinci.

Cara Mengetahui Tanah Sengketa atau Tidak Melalui Situs BPN

Selain menggunakan aplikasi Tanah Sentuhku, Anda juga bisa melakukan pengecekan terhadap tanah yang akan Anda beli melalui situs BPN. Cara cek tanah sengketa melalui situs BPN yaitu:

  1. Buka browser menggunakan laptop atau ponsel Anda, lalu masuk ke laman https://www.atrbpn.go.id.
  2. Jika laman sudah terbuka, pilih menu “Publikasi”.
  3. Isi kolom sesuai dengan informasi yang diminta dan yang Anda miliki.
  4. Klik menu “Cari Berkas” agar situs BPN dapat menampilkan hasil pencarian data mengenai tanah yang akan Anda beli.

Baca juga : Perhatikan 7 Cara Memilih Tanah Kavling yang Baik Berikut Ini

Di laman ini nantinya Anda juga akan mendapatkan informasi yang lengkap mengenai status sertifikat tanah dan juga info kepemilikan tanah tersebut. Selalu pastikan bahwa Anda mengecek terlebih dahulu tanah yang akan Anda beli. Mintalah informasi mengenai sertifikat tanah agar Anda bisa melakukan pengecekan mandiri.

Semoga ulasan mengenai cara mengetahui tanah sengketa atau tidak ini dapat membantu Anda yang sedang ingin membeli tanah.

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *