Berniat Membangun Usaha, Yuk Cari Tahu Cara Membuat Bisnis Plan Yang Mudah

  • Share
Berniat Membangun Usaha, Yuk Cari Tahu Cara Membuat Bisnis Plan Yang Mudah

Saat ini, banyak yang memutuskan untuk membangun usahanya sendiri dibandingkan ikut orang. Dan bagi anda yang berencana untuk membuka usaha, ada baiknya anda mengetahui step stepnya. Untuk memulai bisnis, penting bagi anda membuat bisnis plan. Dengan begitu bisnis bisa dijalankan sesuai rencana, jika kesulitan berikut cara membuat bisnis plan yang mudah.

Business Plan, Calon Pebisnis Wajib Menyiapkannya

1. Tujuan Bisnis Plan

Bisnis plan memang sangat penting untuk dibuat sebelum membangun sebuah bisnis. Hal ini dikarenakan ke depannya akan sangat menguntungkan bagi perusahan. Business plan akan membantu anda untuk tetap fokus dan kreatif pada tujuan yang ingin dicapai. Tentunya setiap orang memiliki tujuan dibukanya usaha di awal.

Selain itu, dengan memiliki bisnis plan maka akan memudahkan untuk mencari dana. Jika anda ingin melebarkan sayap bisnis, bisnis plan akan menjadi sarana komunikasi orang lain. Sehingga mereka akan langsung mengerti tujuan bisnis anda. Bukan hanya dengan adanya bisnis plan, anda juga akan mudah untuk menyusun strategi juga evaluasi pada bisnis anda.

2. Langkah Menyusun Bisnis Plan

Berniat Membangun Usaha, Yuk Cari Tahu Cara Membuat Bisnis Plan Yang Mudah

a. Mengenali Bisnis

Sebelum anda mengetahui cara membuat bisnis plan, maka anda harus mengenali bisnis anda terlebih dahulu. Pemahaman harus dilakukan secara menyeluruh juga mendalam untuk mengatasi tantangan saat bisnis. Pada tahapan ini, anda bisa menggunakan teknik SWOT. Langkah satu ini sangat penting jika akan membuat bisnis plan.

b. Menentukan Arah Bisnis

Jika anda sudah mempertimbangkan peluang hingga tantangannya, maka saatnya untuk menentukan arah bisnis. Pastikan anda sudah tahu sasaran dan tujuan usaha anda berdiri. Dengan begitu, akan mudah bagi anda untuk merancang alur bisnis. Ketika ternyata arahnya melenceng, anda bisa segera mengambil jalan untuk kembali ke arah bisnis.

c. Menentukan Target Bisnis

Bisnis plan yang baik adalah yang sesuai dengan target bisnis anda. Jika target bisnis anda kline, maka anda harus menyusun bisnis plan dengan serius dan juga profesional. Begitu juga jika target anda adalah masyarakat luas, maka anda harus sudah tahu produk atau jasa anda ini untuk siapa nantinya. Akan mudah meraih tujuan jika menuliskan target usaha.

d. Tulis Strategi Bisnis

Apabila semua langkah cara membuat bisnis plan sudah anda kuasai, maka saatnya untuk menuliskannya. Dalam rencana bisnis ini, ada beberapa yang perlu untuk anda tuliskan. Yang pertama adalah menjelaskan tentang keseluruhan bisnis anda. Dalam poin ini, anda bisa menuliskan sasaran bisnis, upaya pemasaran, operasional hingga modal.

Selanjutnya, anda harus membuat deskripsi bisnis. Deskripsi bisnis ini berisi tentang luar dalam dari usaha yang akan anda geluti. Anda juga sudah harus menuliskan tentang semua pasar terkait bisnis tersebut hingga perkembangan terbaru. Jika sudah, anda bisa menuliskan tentang analisis kompetitif atau pemain yang sejenis.

Di dalamnya silahkan dituliskan kelemahan dan kekuatan pesaing. Sehingga anda bisa menentukan strategi yang tepat menghadapi persaingan. Dalam cara membuat bisnis plan, anda juga harus menuliskan rencana pengembangan bisnis anda. tidak ketinggalan rencana manajemen operasional dan juga faktor keuangan. Akan kemana saja semua modal yang anda miliki nantinya.

Memang membuat bisnis plan bukanlah sebuah kewajiban. Namun dengan membuatnya, akan menguntungkan anda sendiri di masa mendatang. Bahkan dalam proses penyusunannya, anda akan tahu seberapa besar keinginan dan kesiapan anda untuk membuka bisnis tersebut. Meluangkan waktu membuat bisnis plan bukanlah hal yang buruk.

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *