Gaji Bulanan 5 Juta, Pilih Beli Rumah Atau Ngontrak?

  • Share
beli rumah atau ngontrak
beli rumah atau ngontrak

Memiliki hunian bagi mereka yang sudah berkeluarga adalah sebuah impian yang ingin segera diwujudkan. Hunian merupakan sebuah kebutuhan pokok yang harus segera dipenuhi. Dibalik itu semua masih banyak orang yang memiliki gaji pas-pasan bahkan masih dibawah normal. Banyak orang mengalami dilema pilih beli rumah atau ngontrak.

Kalau dipikir-pikir antara membeli rumah dan ngontrak itu sama sama mengeluarkan uang. Pastinya kamu penasaran mau pilih mana yang terbaik. Ketika kamu memiliki kondisi keuangan yang terbatas bisa saja membeli rumah dengan mencicil. Tentunya memilih rumah yang lokasinya jauh dari perkotaan agar harganya lebih terjangkau.

Kalau memilih beli rumah di pusat kota pasti harganya lebih mahal. Kamu kamu memilih kontrak rumah kamu bisa mendapatkan rumah yang lokasinya lebih strategis. Sehingga kamu bisa mengembangkan usaha lebih mudah dan cepat. Hanya saja rumah yang kamu tempati ini tidak menjadi hak milik.

Tips Memilih Antara Beli Rumah Atau Ngontrak Dengan Gaji 5 Juta

Bagi kamu yang memiliki gaji sekitar Rp 5 juta sebenarnya itu adalah gaji yang cukup besar di Ibu kota. Memang gaji Rp 5 juta lebih besar dibandingkan dengan upah minimum provinsi. Kehidupan ibu kota yang serba mahal membuat penduduknya rata-rata mengeluarkan uang perbulan sekitar 3 jutaan. Sehingga dengan gaji sekitar Rp 5 juta itu masih dianggap pas-pasan.

Melihat hal tersebut tentunya kamu akan semakin bingung memilih antara Beli rumah atau ngontrak? Kalau kamu bingung bisa simak pembahasan berikut ini :

  • Sah-sah saja beli rumah asalkan….

Setiap orang pastinya ingin sekali bisa membeli rumah untuk memenuhi kebutuhan pokok. Ketika sudah memiliki rumah sendiri itu artinya kamu sudah memiliki aset berharga yang bisa diwariskan untuk anak cucu.

Sebelum kamu membeli rumah ada beberapa hal yang perlu dipahami. Apa saja itu? Berikut penjelasannya:

  • Memiliki tujuan realistis

Ketika membeli rumah pastikan kamu memiliki tujuan yang jelas. Kebutuhan akan rumah memang harus dipenuhi namun bukan berarti kamu wajib membelinya. Sebelum membeli rumah kamu harus tahu tujuannya apakah untuk investasi atau tempat tinggal.

Kalau membeli sebagai tempat tinggal maka kamu harus menempatinya. Ada sebagian orang beli rumah namun tidak ditempati, hal ini akan menyebabkan kerusakan karena tingkat kelembabannya lebih tinggi.

  • Jangan membeli rumah karena nafsu belaka

Memutuskan beli rumah namun kredit maka kamu harus punya komitmen untuk jangka panjang. Hal ini kamu harus siap dalam urusan finansial agar proses pembayaran bisa lancar. Jangan sampai membeli rumah karena ikut-ikutan orang lain. Semua kalau mengikuti hawa nafsu saja kedepannya bisa jadi masalah.

Lalu Jika Pilihannya Adalah Ngontrak?

Pertanyaannya masih sama mau beli rumah atau ngontrak? Apabila kamu membeli rumah namun masih terbentur masalah finansial, ngontrak menjadi pilihan yang tepat. Ketika kamu tinggal di lokasi yang jauh dengan tempat kerja, kamu bisa memilih ngontrak.

Jadi demi mendapatkan kenyamanan untuk menjalankan berbagai aktivitas kerja kamu bisa memilih ngontrak. Tidak ada salahnya ngontrak untuk menabung demi bisa beli rumah. Ketika kamu sudah ngontrak kamu harus tahu target, sampai kapan akan ngontrak.

Jadi jangan sampai terlalu lama ngontrak karena akan menambah biaya pengeluaran. Agar kamu bisa menabung, silahkan mencari kontrakan yang harga sewanya setengah penghasilanmu selama 1 tahun. jangan sampai harga kontrakan melebihi penghasilan karena kamu akan kesulitan untuk menabung.

Demikianlah penjelasan mengenai antara beli rumah atau ngontrak bagi mereka yang memiliki gaji kisaran Rp 5 juta. Pastikan kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan perhitungan yang matang. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah pengetahuanmu.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *