Banyak Diminati, Berikut 5 Prospek Kerja Administrasi Bisnis Bagi Para Fresh Graduate

  • Share
Banyak Diminati, Berikut 5 Prospek Kerja Administrasi Bisnis Bagi Para Fresh Graduate

Persaingan bisnis dewasa ini akan selalu diikuti dengan permintaan kompetensi pekerja yang lebih baik. Dalam hal ini, ilmu administrasi bisnis menjadi cabang ilmu yang mulai banyak dilirik. Hal ini karena tugasnya sendiri banyak dikaitkan dengan operasional bisnis dan produk baru. Tak ayal, prospek kerja administrasi bisnis pun berkembang. Berikut beberapa contohnya.

Prospek Karier Menjanjikan Untuk Lulusan Administrasi Bisnis

Banyak Diminati, Berikut 5 Prospek Kerja Administrasi Bisnis Bagi Para Fresh Graduate

1. Entrepreneur

Ilmu administrasi dan bisnis yang telah dikantongi bisa menjadi modal kuat untuk memulai bisnis pribadi. Selain bekerja pada suatu perusahaan tertentu, ide yang satu ini kerap menjadi pilihan untuk para anak muda. Terutama dengan bantuan teknologi yang membuat aktivitas entrepreneurship semakin digemari para pengusaha muda.

Tentunya prospek kerja ini sendiri bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, seorang pendiri bisnis harus memiliki kreativitas, modal, kegigihan, dan kemampuan untuk bersaing di pasar. Terutama mengingat bahwa segala kebutuhan dan aktivitas perusahaan akan dilakukan seorang diri. Meski demikian, entrepreneurship adalah peluang yang menarik.

2. Dosen

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau profesi pengajar memang tidak terbatas oleh satu dua pelajaran saja. Dalam hal ini ilmu manajemen, administrasi, dan bisnis bisa dibawa ke jenjang sekolah sebagai guru atau dosen. Anda bisa melanjutkan studi ke jenjang S2 atau S3 untuk mengajar sebagai dosen, atau mendapat pelatihan guru untuk prospek kerja administrasi bisnis ini.

3. Konsultan Bisnis

Banyak Diminati, Berikut 5 Prospek Kerja Administrasi Bisnis Bagi Para Fresh Graduate

Jika Anda sudah merasa memiliki ilmu yang begitu luas di bidang bisnis dan administrasi, pekerjaan ini juga bisa menjadi bidikan yang menarik. Konsultan bisnis datang dengan berbagai kriteria, latar belakang pendidikan, hingga pengalaman. Fresh Graduate yang ingin mencoba pun bisa menjadi penasihat bisnis bisnis kecil terlebih dahulu.

Kemudian, para lulusan bisa memperbesar lingkung konsumer dengan menarget bisnis besar. Tugas dari konsultan bisnis sendiri cukup kompleks, pasalnya Anda akan dihadapkan dengan berbagai masalah perusahaan yang meminta harus dipecahkan. Meski berperan penting dalam menghasilkan jalan keluar, Anda tidak memiliki wewenang untuk melakukannya.

4. Staff Administrasi

Sudah jelas sekali bahwa prospek utama dari lulusan ini adalah staf administrasi. Dalam suatu perusahaan besar atau sedang, posisi ini kerap menjadi peran yang sangat penting. Pasalnya tugasnya sendiri berkaitan dengan keberlangsungan perusahaan, organisasi surat penting, hingga kebutuhan operasional lainnya.

Jika dilihat secara gamblang, prospek kerja administrasi bisnis yang satu ini memang lebih banyak dikaitkan dengan pekerjaan di balik meja. Seperti mengurus surat resmi layaknya kontrak, kerjasama, atau surat domisili. Ada pula yang tugasnya berkaitan dengan pengaturan meeting client, filling atau rekapitulasi data, hingga bergelut dengan aset perusahaan.

5. Manajemen Perusahaan

Satu lagi prospek yang mungkin sudah tidak asing di telinga, staff manajemen perusahaan. Bisa dikatakan nilai plus dari cabang ilmu ini adalah kompetensi yang cukup lengkap. Tak heran, lulusan administrasi dan bisnis pun bisa mengisi berbagai posisi. Seperti di bidang manajemen, layaknya manajer yang bertugas sebagai pemimpin dan pengarah karyawan.

Tugasnya sendiri sangat vital di dalam keberlangsungan perusahaan, karenanya dibutuhkan kompetensi yang tinggi. Anda yang tertarik dengan posisi ini bisa melamar malalui program manajemen trainee yang sangat umum di perusahaan besar. Program ini akan mengajarkan Anda tentang perusahaan, tugas, dan kompetensi yang dibutuhkan oleh prospek kerja administrasi bisnis ini.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa cabang ilmu yang berkaitan dengan bisnis dan administrasi selalu laris dicari. Apalagi jika melihat pesatnya perkembangan bisnis yang menghasilkan banyak perusahaan baru, entrepreneur, dan bisnis startup. Kehadiran lulusan administrasi bisnis akan memegang peran penting dengan segala kompetensi dan ilmu yang dimilikinya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *