Baik Bagi Tubuh Yuk Cari Tahu Daftar Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi

  • Share
Baik Bagi Tubuh Yuk Cari Tahu Daftar Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi
Healthy eating, assortment of fruits and vegetables in rainbow colours background, top view, selective focus

Asam folat dikenal sebagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Faktanya, tidak hanya ibu hamil saja yang membutuhkan asam folat. Bagi ibu hamil memang akan meminimalisir terjadinya risiko bayi lahir cacat. Sementara secara umum, asam folat akan membantu memproduksi sel sel baru. Lantas apa saja makanan yang mengandung asam folat? Simak ulasannya.

Daftar Makanan Yang Kaya Akan Kandungan Asam Folat

1. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak mineral juga vitamin, termasuk di dalamnya asam folat. Dalam 90 gram asparagus yang telah dimasak, kandungan asam folatnya bisa berkisar 124 mcg atau setara dengan 34 persen dari kebutuhan harian. Sehingga bisa dikatakan sebagai makanan yang tinggi akan asam folat.

Bukan hanya itu, asparagus juga kaya akan kandungan antioksidan. Sifat antiinflamasi dan antibakteri juga telah terbukti di dalam sayuran ini. Sayuran hijau ini merupakan salah satu sumber serat yang sangat baik. Seratnya mampu untuk mencukupi sekitar 6 persen kebutuhan serat dalam satu hari. Cukup banyak dan tentu baik untuk tubuh.

2. Kacang Kacangan

Sumber asam folat juga bisa didapatkan dari kacang kacangan. Makanan yang mengandung asam folat untuk kacang kacangan adalah jenis polong polongan. Jumlah asam folatnya juga cukup banyak yakni sekitar 131 mcg folat atau setara dengan 33 persen dari jumlah harian untuk kacang merah matang. Sementara jenis seperti lenting matang asam folatnya 358 mcg.

Jumlah tersebut setara dengan 90 persen jumlah asam folat yang dibutuhkan harian. Anda juga bisa mendapatkan asam folat dari kacang tanah. Hanya saja jenis kacang ini juga memiliki banyak kandungan lemak. Sehingga harus sangat bijak dalam mengkonsumsi jenis kacang ini. Tidak hanya tinggi asam folat, beberapa memiliki kandungan serat, antioksidan hingga serat.

3. Buah Buahan

Baik Bagi Tubuh Yuk Cari Tahu Daftar Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Tidak hanya kacang kacangan, asam folat juga bisa didapatkan dari buah buahan. Jenis buah yang bisa dikonsumsi sangat beragam. Salah satunya adalah buah bit, selain memiliki warna yang cantik buah ini juga memiliki banyak kandungan baik untuk tubuh. asam folatnya sekitar 148 mcg atau sekitar 37 persen dari kebutuhan harian asam folat.

Bukan hanya itu, makanan yang mengandung asam folat ini juga kaya akan potasium, mangan serta vitamin C. Selain buah bit, buah jeruk juga memiliki kandungan asam folat. Buah yang identik dengan vitamin C ini kandungan folatnya sekitar 55 mcg dalam satu ukuran besar. pisang, pepaya hingga alpukat juga mengandung asam folat.

4. Telur

Telur menjadi bahan makanan yang begitu akrab dengan masyarakat dan bisa diolah menjadi apa saja. siapa yang menyangka jika bahan satu ini ternyata memiliki kandungan asam folat. Satu butir telur yang besar, kandungannya sekitar 22 mcg folat. Kandungan protein, vitamin dan antioksidan juga sangat baik untuk nutrisi tubuh.

5. Makanan Tinggi Protein

Makanan dengan protein yang tinggi beberapa juga termasuk makanan yang mengandung asam folat. Anda bisa menemukannya pada daging unggas, hati sapi, hidangan laut hingga daging merah. Mengkonsumsi beberapa makanan tersebut, anda sudah bisa memenuhi setengah dari jumlah kebutuhan asam folat harian.

Asam folat memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan bukan hanya untuk ibu hamil saja. Asam folat mampu menjaga fungsi sel di tubuh hingga menjaga kesehatan kulit, kuku juga rambut. Kebutuhan masing masing orang tentunya berbeda, sehingga ada baiknya untuk berkonsultasi dengan ahlinya agar jumlahnya terpenuhi.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *