6 Perbedaan PCX ABS dan CBS yang Wajib Diketahui Para Pengguna Honda

  • Share
6 Perbedaan PCX ABS dan CBS yang Wajib Diketahui Para Pengguna Honda

Jika dulu motor matic yang hadir kebanyakan bermodel ramping dan kecil, maka saat ini yang menjadi favorit adalah motor matic dengan ukuran yang cukup besar seperti Honda PCX. Honda PCX 150 tersebut hadir di tengah tengah masyarakat dengan dua varian yaitu PCX ABS dan PCX non ABS atau PCX CBS. Apa perbedaan PCX ABS dan CBS ? Simak ulasan selengkapnya berikut.

Perbedaan Honda PCX Tipe ABS dan Tipe CBS

1. Moncong Knalpot

Perbedaan signifikan yang bisa anda lihat secara langsung antara Honda PCX tipe ABS dan tipe CBS adalah melalui visual moncong knalpotnya. Meski sama sama jenis Honda PCX, ternyata moncol knalpot yang dimiliki kedua tipe tersebut tidaklah sama. Dan hal ini mungkin kerap kali tidak disadari oleh kebanyakan orang.

Jika anda perhatikan, PCX pada versi ABS dibuat dengan bahan plastik perpaduan warna biru. Sementara PCX versi CBS memiliki paduan warna yang lebih pekat yaitu kehitaman dengan material yang sama. Meski bukan termasuk perbedaan besar, namun anda bisa melihat perbedaan satu ini secara langsung dengan mata telanjang.

2. Stiker

Masih dengan perbedaan PCX ABS dan CBS yang bisa dilihat secara visual, berikutnya anda bisa lihat pada stiker kedua tipe. Stiker milik varian ABS jika diperhatikan lebih jeli akan menampakkan kesan yang lebih mewah bila dibandingkan varian CBS. Untuk varian CBS cenderung lebih sporty dan simpel. Keduanya tentu sama bagusnya, hanya tergantung pada selera masing masing orang.

6 Perbedaan PCX ABS dan CBS yang Wajib Diketahui Para Pengguna Honda

3. Ukuran Kampas Rem

Ukuran kampas rem yang dimiliki honda PCX tipe ABS tidak sama dengan yang digunakan pada tipe CBS, meski sekilas kelihatan sangat mirip. Dimana ukuran kampas rem yang dimiliki oleh varian CBS terbilang lebih besar, sehingga anda tidak boleh sampai keliru saat membelinya. Agar lebih memudahkan, anda bisa memperhatikan kode atau nomor seri dari kampas rem tersebut.

4. Sistem Pengereman

Tidak hanya ukuran kampas remnya saja yang berbeda antara satu sama lain, perbedaan PCX ABS dan CBS juga terletak pada sistem pengeremannya. Untuk PCX CBS menerapkan tenaga listrik yang kemudian diarahkan pada kedua komponen mesin yaitu tuas ungkit dan roda belakang. Kedua komponen ini akan menekan knocker serta mengaktifkan rem cakram depan.

Sistem pengeraman yang dimiliki PCX CBS akan menghindarkan pengendara dari risiko terpeleset ketika mengerem. Sedangkan PCX ABS menggunakan Anti-Lock Braking System. Sistem tersebut akan menjaga kondisi roda tidak sampai terkunci ketika anda melakukan pengereman secara mendadak.

5. Berat Kendaraan

Mungkin perbedaan satu ini juga tidak terlalu signifikan, lantaran beda berat antara Honda PCX versi ABS dan versi CBS hanya selisih 1 kg saja. Pada spesifikasi, Honda PCX tipe CBS memiliki bobot 131 kg, sementara Honda PCX ABS mempunyai berat 132 kg. Sehingga meskipun bobotnya berbeda, anda tidak akan terlalu merasakannya.

6. Harga Kendaraan

Meskipun perbedaan PCX ABS dan CBS terlihat tidak begitu signifikan, namun besaran harga jual antara kedua tipe ini berbeda. Hal ini membuktikan bahwa spesifikasi pada kedua varian tersebut memang memiliki perbedaan. Untuk harga terbarunya, versi CBS ditawarkan dengan harga sekitar Rp. 29 juta-an sedangkan versi ABS dibanderol kurang lebih Rp. 32 juta-an.

Itulah perbedaan antara Honda PCX ABS dan CBS yang perlu anda ketahui saat ingin mengincar motor Honda jenis satu ini. Perbedaan keduanya memang tidak begitu signifikan, sehingga keunggulannya pun tidak begitu jauh berbeda. Bahkan pilihan warna PCX ABS dan CBS juga sama, dimana anda bisa memilih wonderful white, matte blue, matte black, matte brown, maupun matte red.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *