5 Tips Memilih Baju Gamis Anak Perempuan yang Wajib Parents Tahu 

  • Share
5 Tips Memilih Baju Gamis Anak Perempuan yang Wajib Parents Tahu 

Mengajarkan anak untuk menggunakan gamis sejak dini memang sikap yang baik. Si kecil dapat menggunakannya untuk bepergian, mengaji, datang ke berbagai acara, hingga pakaian sehari hari sesuai dengan syariat Islam. Namun sebagai orang tua, anda tidak boleh asal dalam memilih baju gamis anak perempuan. Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan.

Kiat Memilih Gamis untuk Anak Perempuan

1. Ukuran Gamis

5 Tips Memilih Baju Gamis Anak Perempuan yang Wajib Parents Tahu 

Anak anak sangat suka bermain dan berlarian, sehingga ukuran gamis harus tepat agar aktivitas si kecil tidak terhambat. Pastikan bahwa ukuran gamis yang dipilih sesuai dengan tubuh sang buah hati. Gamis yang kepanjangan hanya akan membuatnya sulit untuk berjalan, bahkan berisiko membuat si kecil terjatuh karena bagian ujung gamis terinjak.

Di lain sisi, gamis yang kependekan tentu tidak akan bagus jika dilihat. Kendati gamis yang kependekan masih dapat disiasati dengan penggunaan legging panjang di baliknya, namun kondisi ini bisa membuat anak kepanasan dan tidak nyaman. Alhasil si kecil malah enggan untuk kembali menggunakan gamis.

2. Pilih Bahan yang Nyaman

Tips berikutnya dalam memilih baju gamis anak perempuan yaitu pilihan bahan yang nyaman jika digunakan. Ini menjadi faktor paling penting saat mencarikan gamis untuk si kecil. Mengingat bahwa anak anak umumnya memang jauh lebih aktif dibandingkan orang dewasa, sehingga membuat mereka cenderung jauh lebih mudah berkeringat.

Memilih bahan yang tidak menyerap keringat akan membuat pakaian terasa lengket di badan, sehingga anak pun merasa tidak nyaman saat beraktivitas. Oleh karena itu, anda perlu memilih bahan gamis yang mampu menyerap keringat, dingin, dan tekstur kainnya lembut. Beberapa bahan yang bisa dijadikan pilihan seperti kain katun, poplin, baby kanvas, linen, shantung, dan viscose.

3. Sesuaikan dengan Warna Kulit

Banyak orangtua yang terkadang melupakan aspek satu ini. Padahal, memilih gamis juga sangat penting untuk disesuaikan dengan warna kulit anak. Pasalnya warna baju yang tidak cocok dengan warna kulit bisa menimbulkan kesan yang kurang matching, meski beberapa orang yang memiliki kulit gelap pun bisa match dengan pakaian berwarna terang.

4. Sesuaikan Motifnya

Baju gamis anak perempuan sebaiknya tidak asal pilih motif, lantaran anak anak begitu peka dengan hal ini. Meski motif maupun corak gamis sebenarnya begitu banyak ragamnya, namun tentu tidak semua cocok untuk anak dengan usia tertentu, Umumnya, corak bahan yang besar dinilai tidak begitu pantas dikenakan oleh anak kecil.

Agar lebih mudah, anda bisa langsung bertanya pada buah hati mengenai motif favoritnya. Hal ini akan membantu anda dalam menghadirkan gamis yang disukai oleh anak. Sehingga mereka pun akan jauh lebih senang saat mengenakannya sehari hari. Selain itu, ada baiknya anda menentukan motif ini sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan si kecil.

5. Sesuaikan Model dengan Karakter Anak

Tidak hanya motif, menyesuaikan model gamis dengan karakter anak juga penting untuk dilakukan. Mengingat bahwa model gamis yang beredar di pasaran juga begitu banyak seiring dengan berkembangnya zaman. Apabila buah hati anda memiliki karakter yang cenderung aktif, maka blus polos dengan paduan celana panjang atau rok bisa dijadikan pilihan.

Sebab model tersebut tidak akan menghalanginya untuk bermain maupun melakukan berbagai aktivitas. Namun jika karakter si kecil lebih pendiam, model baju gamis anak perempuan one piece yang ditambah ornamen pita atau bunga bisa dijadikan pilihan. Akan tetapi, sebaiknya hindari ornamen yang terlalu ramai jika digunakan untuk anak anak.

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan saat mencari baju gamis untuk anak perempuan. Tentunya poin yang tidak kalah penting yaitu pastikan gamis yang dipilih memang menutup aurat dengan sempurna, sesuai dengan tujuan dari gamis itu sendiri. Maksudnya di sini adalah gamis tidak menampakkan bentuk badan, kainnya tidak tipis, dan hiasannya tidak berlebihan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *