5 Tips Membeli Mobil Bekas dengan Kualitas Andal dan Tidak Menguras Kantong

  • Share
5 Tips Membeli Mobil Bekas dengan Kualitas Andal dan Tidak Menguras Kantong

Moda transportasi yang memadai seperti mobil tentu akan memberi kenyamanan tingkat tinggi kepada banyak orang, baik untuk bepergian maupun menjalankan bisnis. Namun harga mobil yang tidak bisa dibilang murah, membuat mobil bekas menjadi alternatifnya. Tidak perlu khawatir akan kualitasnya, berikut tips membeli mobil bekas yang bisa anda terapkan.

Kiat dalam Membeli Mobil Bekas

1. Tempat Membeli Mobil Bekas

Yang perlu menjadi pertimbangan anda sebelum mencari unit mobil bekas yaitu tempat pembeliannya. Sebab saat ini, banyak sekali ditemukan tempat yang membuka penjualan mobil bekas dengan berbagai penawaran. Namun ada baiknya jika anda membeli dari orang yang sedang ingin menjual mobilnya secara langsung.

Karena membeli dari tangan pertama umumnya relatif lebih murah bila dibandingkan membeli dari showroom. Namun kondisi tersebut juga rawan penipuan, jadi jangan sembarang membelinya dari orang asing yang tidak terpercaya. Sementara membeli di showroom memiliki kelebihan tersendiri yaitu anda memiliki banyak pilihan dan jauh lebih terpercaya.

2. Performa Mesin

Tips membeli mobil bekas berikutnya yaitu proses pengecekan performa mesin. Ini menjadi langkah yang tidak boleh luput dari pengamatan anda dan wajib hukumnya dicermati dengan baik. Pasalnya keandalan mobil akan sangat bergantung pada performa mesinnya. Jadi pastikan anda benar benar mengeceknya terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli.

Pertama, hidupkan mesin dan perhatikan bunyi dari mesin yang menyala tersebut. Penting diketahui bahwa mesin yang baik memiliki suara halus dan tidak kasar saat dinyalakan. Starternya juga mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Mintalah untuk test drive, agar mengetahui bagaimana kondisi mesin mobil ketika digunakan berkendara.

3. Eksterior Kendaraan

5 Tips Membeli Mobil Bekas dengan Kualitas Andal dan Tidak Menguras Kantong

Pengecekan yang dilakukan tidak hanya seputar mesin mobil saja, namun eksterior kendaraan juga perlu diperhatikan. Tahap pengecekan ini bahkan bisa mudah dilakukan karena paling pertama terlihat. Cek bagian body mobil, perhatikan apakah ada bagian yang mengalami kerusakan atau tergores.

Kemudian bagaimana kondisi cat mobil, apakah masih terlihat mulus atau ternyata sudah kasar hingga mengelupas. Semua komponen yang ada pada eksteriornya juga wajib untuk diperhatikan, seperti bagian kaca, kaca spion, lampu, hingga keempat ban mobil. Apakah semua komponen ini masih dalam kondisi oke atau sebaliknya.

4. Mengecek Interior dan Aksesoris Mobil

Sama halnya dengan eksterior kendaraan yang perlu dilakukan pengecekan, tips membeli mobil bekas juga penting untuk mengecek bagian interiornya anda kendaraan yang didapat masih berkualitas. Beberapa bagian penting yang perlu dicermati di antaranya yaitu kualitas jok dan langit langit atau plafon mobil, bagian dashboard, hingga AC.

Tentunya anda tidak bisa hanya melihatnya secara visual saja. Penting untuk turut merasakannya secara langsung, seperti menduduki jok hingga mencoba untuk menaik turunkan kaca mobil. Tidak lupa masing masing fungsi pengaturan juga dipraktikkan, seperti radio maupun fasilitas audio lainnya, semua lampu kendaraan, wiper, sampai buka tutup pintu mobil.

5. Kelengkapan Surat

Setelah pengecekan fisik baik eksterior dan interior mobil hingga performa mesinnya rampung dilakukan, kemudian anda merasa cocok dengan kendaraan tersebut. Maka langkah selanjutnya adalah mengecek kelengkapan surat. Surat surat kendaraan ini merupakan hal yang krusial ketika membeli mobil.

Pasalnya tanpa surat yang lengkap, maka kendaraan anda bisa dinyatakan ilegal untuk dikendarai di jalanan. Tips membeli mobil bekas di sini yaitu pastikan anda memperoleh BPKB beserta STNK yang asli. Adanya BPKB dan STNK yang lengkap dan asli ini juga akan memudahkan anda saat proses balik nama.

Menjadi pembeli yang teliti merupakan kewajiban anda saat ingin mencari mobil bekas. Ini dilakukan untuk menghindari kerugian di kemudian hari. Dengan menerapkan beberapa tips seperti di atas, anda pun bisa mendapatkan kendaraan yang andal dan berkualitas. Meskipun bekas, memang bukan tidak mungkin untuk mendapatkan mobil yang seperti baru.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *