5 Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kiri yang Tidak Boleh Disepelekan

  • Share
5 Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kiri yang Tidak Boleh Disepelekan

Apakah anda pernah merasakan nyeri perut sebelah kiri ? Nyeri perut di bagian sebelah kiri biasanya disebabkan oleh kondisi yang cukup ringan seperti perut kembung, sehingga sangat umum untuk terjadi. Kendati demikian, anda tidak boleh menyepelekan rasa nyeri tersebut karena bisa juga sebagai indikasi penyakit berbahaya. Lebih lanjut, simak ulasan berikut.

Arti Nyeri Perut di Bagian Kiri

5 Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kiri yang Tidak Boleh Disepelekan

1. Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan sepasang organ yang letaknya berada di sisi kanan serta kiri, di bawah tulang rusuk bagian belakang. Jika organ ini mengalami masalah seperti batu ginjal dan infeksi ginjal, maka bagian perut sebelah kiri tentu akan ikut merasakan nyeri. Umumnya rasa nyeri yang mengindikasikan penyakit ginjal akan terasa di perut bagian kiri bawah.

Kemudian gejala lain yang menandakan penyakit ginjal di antaranya yaitu nyeri pangkal paha, mual dan muntah, dan demam. Gejala ini terjadi apabila terjadi infeksi pada ginjal. Sementara batu ginjal akan ditandai dengan gejala sensasi panas ketika buang air kecil, ingin buang air kecil terus menerus, hingga urine yang disertai darah.

2. Pankreatitis

Nyeri perut sebelah kiri juga dapat timbul karena disebabkan oleh pankreatitis. Penyakit satu ini perlu anda waspadai karena bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Dimana nantinya anda tidak hanya akan merasakan nyeri pada bagian perut saja, namun lama kelamaan bisa merambat ke area punggung dan membuat aktivitas menjadi tidak nyaman.

Selain nyeri, gejala lain yang menandakan pankreatitis yaitu demam, diare, gangguan pencernaan, penyakit kuning (kulit dan mata menguning), perut membengkak dan terasa sakit bila disentuh, serta jantung terasa berdetak lebih cepat dari kondisi normal. Bahkan nyeri yang dialami penderita pankreatitis akan semakin terasa saat makan atau minum maupun saat tidur berbaring.

3. Gastritis

Gastritis adalah penyakit pada lambung dan terjadi karena peradangan dinding lambung. Dimana letak lambung sendiri berada di tengah agak ke kiri, sehingga anda akan merasakan nyeri perut sebelah kiri apabila menderita gastritis. Selain rasa nyeri, gastritis juga memiliki gejala lain seperti perut terasa penuh, mual, hingga muntah.

4. Radang Usus Besar

Peradangan pada saluran pencernaan atau radang usus kerap kali ditandai dengan adanya iritasi maupun luka, yang mana hal tersebut juga bisa terjadi pada usus besar. Gejala dari radang usus ini adalah nyeri perut, berat badan turun, dan diare. Umumnya rasa nyeri kerap kali terjadi pada perut bagian kiri meski lama kelamaan rasa nyeri bisa terasa di seluruh area perut.

Radang usus besar tersebut bisa terjadi pada semua golongan usia, namun lebih banyak ditemukan pada orang dengan usia 15 hingga 30 tahun. Dimana penyebab pastinya juga masih belum diketahui, namun kebanyakan menduga bahwa radang usus yang terjadi berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu.

5. Ovulasi

Ovulasi pada wanita ternyata juga bisa menjadi penyebab nyeri perut sebelah kiri. Dimana ovulasi ini merupakan kondisi masa subur seorang wanita, yang bisa menyebabkan perut terasa kram hingga nyeri. Selain rasa nyeri dan kram, ovulasi juga memiliki beberapa gejala lainnya seperti keputihan serta timbulnya rasa mual.

Itulah beberapa penyebab dari nyeri perut bagian sebelah kiri yang anda rasakan. Beberapa mungkin tidak berbahaya, namun penyakit ginjal hingga gastritis tentu patut untuk anda waspadai. Jika merasakan nyeri pada bagian perut yang dapat mengganggu aktivitas, sebaiknya anda segera konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pastinya serta penanganan yang tepat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *