5 Obat Sakit Tenggorokan Susah Menelan yang Alami dan Aman Digunakan

  • Share
5 Obat Sakit Tenggorokan Susah Menelan yang Alami dan Aman Digunakan

Tidak terasa musim hujan sudah kembali lagi. Dimana kondisi cuaca seperti ini membuat banyak orang mengalami batuk pilek hingga radang tenggorokan, yang merupakan efek dari flu maupun demam. Karena dapat mengganggu aktivitas, tentu radang tenggorokan ini perlu segera diobati. Anda bisa melakukannya secara alami dengan obat sakit tenggorokan susah menelan berikut.

Obat Herbal untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan

1. Bawang Putih Mentah

Selain berguna sebagai bumbu dapur, bawang putih juga dapat anda manfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan yang dialami. Sejumlah penelitian bahkan menyebutkan bahwa bawang putih mentah ini sangat ampuh dalam mengatasi radang tenggorokan. Cara pemanfaatannya pun terbilang sangat mudah.

Anda cukup mengambil satu butir bawang putih mentah di dapur dan langsung mengunyahnya. Lakukan beberapa kali dalam sehari, agar kandungan antibiotik dalam bawang putih bisa meredakan sakit tenggorokan. Namun selama proses ini, tentunya makanan dan minuman lainnya yang melewati tenggorokan juga penting untuk diperhatikan.

2. Teh Lemon Madu

Teh lemon madu juga bisa menjadi obat sakit tenggorokan susah menelan yang alami. Selain bahannya mudah ditemukan, teh lemon madu juga memiliki rasa yang enak tidak seperti cara sebelumnya. Sehingga banyak orang yang memilih untuk menggunakan bahan alami satu ini untuk mengatasi radang tenggorokan.

Untuk membuat teh lemon madu, anda hanya perlu menyeduh teh dan ditambahkan perasan lemon serta beberapa tetes madu. Teh ini nantinya akan membantu dalam menghilangkan lendir pada tenggorokan sehingga rasa sakitnya berkurang. Selain itu, kandungan vitamin C pada bahan ini nantinya akan membantu guna meningkatkan imunitas tubuh.

3. Teh Hijau atau Peppermint

Selain the lemon madu, anda juga bisa memanfaatkan teh hijau maupun teh peppermint untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Teh herbal ini bisa berfungsi sebagai pelumas yang membuat tenggorokan tidak kering. Sehingga masalah sulit menelan hingga suara serak akibat radang bisa diatasi dengan baik.

Apabila anda kurang menyukai aroma menyengat yang dihasilkan oleh peppermint, maka teh lainnya yang bisa dijadikan alternatif yaitu teh kamomil. Teh kamomil merupakan teh herbal yang berfungsi sama dengan teh hijau maupun peppermint. Rasa hangat dari teh nantinya juga akan membantu batuk dan pilek mereda.

4. Probiotik

Obat sakit tenggorokan susah menelan berikutnya yaitu makanan maupun minuman probiotik. Dimana probiotik ini bisa membantu dalam menjaga keseimbangan bakteri yang ada pada saluran pencernaan. Bahkan probiotik juga bisa mencegah infeksi pada saluran pernapasan termasuk juga bagian tenggorokan.

Jadi mengonsumsi probiotik akan membantu anda lebih cepat sembuh dari sakit tenggorokan yang diderita. Menariknya lagi, makanan atau minuman dengan kandungan probiotik juga bisa meningkatkan imunitas tubuh yang mencegah penyakit tersebut datang kembali. Anda dapat mengonsumsi menu seperti tempe, kimchi, dan yogurt yang memiliki kandungan probiotik tinggi.

5. Jahe dan Kencur

5 Obat Sakit Tenggorokan Susah Menelan yang Alami dan Aman Digunakan

Tidak hanya bawang putih, bahan dapur seperti jahe dan kencur juga bisa anda manfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi sakit tenggorokan. Bahkan jahe dan kencur ini sudah banyak digunakan pada berbagai produk pereda tenggorokan yang dijual di pasaran. Tentunya anda juga dapat memanfaatkan bahan yang ada di rumah ini untuk membuat obat alami.

Cara pengolahan jahe sebagai obat sakit tenggorokan susah menelan biasanya cukup dijadikan teh jahe atau wedang jahe. Sementara kencur bisa langsung anda konsumsi apabila sudah dikupas dan dipotong. Selain itu kencur juga dapat anda jadikan sebagai segelas jamu agar rasanya lebih enak.

Beberapa bahan seperti di atas bisa anda manfaatkan sebagai obat untuk mengatasi sakit tenggorokan. Pasalnya sakit tenggorokan yang dialami memang bisa sangat mengganggu aktivitas. Apalagi ketika rasa sakitnya membuat anda tidak nyaman untuk menelan. Sehingga nafsu makan bisa berkurang drastis, dan alhasil anda pun tidak bisa memperoleh banyak tenaga.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *