5 Jenis Penyakit Menular Dan Tidak Menular Yang Banyak Diderita Orang Indonesia

  • Share
5 Jenis Penyakit Menular Dan Tidak Menular Yang Banyak Diderita Orang Indonesia

Sejauh ini, anda pastinya akan mengenal dua jenis penyakit yakni penyakit menular dan tidak menular. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam penyakit tersebut. Agar anda lebih memahami tentang kedua jenis penyakit tersebut, kali ini akan diulas beberapa penyakit yang paling banyak diderita oleh orang Indonesia. Simak ulasannya

Jenis Penyakit Menular Maupun Tidak yang Harus Anda Ketahui

5 Jenis Penyakit Menular Dan Tidak Menular Yang Banyak Diderita Orang Indonesia

1. Kardiovaskular

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar di tahun 2018 mengatakan bahwa penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat setiap tahunnya di Indonesia. Bahkan 15 dari 1000 orang berpotensi untuk terkena penyakit jantung. Penyakit ini dikategorikan sebagai penyebab kematian nomor satu di dunia.

Awal mula munculnya penyakit jantung yakni berhubungan dengan obesitas, tekanan darah yang tinggi hingga aterosklerosis. Beberapa jenis penyakit dari kardiovaskular yang dapat menyebabkan kematian diantaranya adalah gagal jantung, serangan jantung dan juga penyakit jantung koroner.

2. Penyakit Ginjal

Penyakit menular dan tidak menular selanjutnya yang banyak diderita oleh warga Indonesia adalah penyakit ginjal. Penyakit tidak menular yang menyebabkan kematian ini biasanya dikarenakan gagal ginjal akut hingga gagal ginjal kronis. WHO sendiri memperkirakan jika 5 hingga 10 juta orang meninggal akibat penyakit ini tiap tahun.

Tidak hanya itu saja, bagi penderitanya tak jarang yang harus membutuhkan perawatan seumur hidup. Diantaranya seperti cuci darah atau yang dikenal dengan hemodialisis yang dilakukan secara terus menerus. Apabila penyakit ini tidak mendapatkan penanganan yang benar, akan bisa menimbulkan kerusakan pada ginjal secara permanen.

3. Tuberkulosis (TBC)

TBC juga menjadi salah satu penyakit menular yang berbahaya. Bahkan WHO menyebutkan jika penyakit ini termasuk dari 10 penyebab utama kematian secara global. Namun, meskipun termasuk salah satu penyakit menular dan tidak menular, TBC dapat dicegah dan bisa sembuh apabila mendapatkan pengobatan yang tepat.

Gejala dari TBC biasanya ditandai dengan adanya batuk berdahak hingga mengeluarkan darah. Umumnya juga disertai dengan demam tanpa adanya penyebab yang jelas. Selanjutnya terdapat penurunan berat badan dan juga rasa lelah yang berlebihan. Penderita biasanya akan mengalami batuk batuk dalam kurun waktu lebih dari 3 minggu.

4. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

ISPA adalah salah satu penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi pada saluran pernapasan. Hal ini dapat mengganggu jalannya pernapasan secara normal. Biasanya ISPA akan berpengaruh pada saluran pernapasan, seperti hidung hingga bagian atas dekat dengan pita suara. Kemudian, untuk saluran pernapasan bawah, ISPA akan mengganggu pernapasan hingga paru paru.

Gejala dari salah satu penyakit menular dan tidak menular ini diawali dengan hidung tersumbat, batuk dan pilek. Kemudian, penyakit yang menular ini akan menyerang tenggorokan hingga sesak nafas. Bahkan penderitanya pun akan mengeluarkan bunyi nafas yang tidak normal.

5. Demam Berdarah

Demam berdarah termasuk salah satu kategori penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue. Virus tersebut dapat tersebar melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Biasanya penderita akan mengalami demam hingga 4 sampai 7 hari. Kemudian, sakit kepala disertai dengan muntah dan munculnya bintik bintik merah pada kulit.

Itulah beberapa jenis penyakit menular maupun tidak menular yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Penyakit tersebut tentunya bisa anda hindari apabila menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat. Oleh karena itu, penting untuk menjaga pola makan dan kebersihan lingkungan serta gaya hidup agar bisa terhindar dari penyakit tersebut.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *