5 Jenis Investasi yang Menguntungkan dengan Return Terbaik

  • Share
5 Jenis Investasi yang Menguntungkan dengan Return Terbaik

Investasi memang menjadi salah satu langkah yang tepat untuk mengelola keuangan dan sebagai tabungan di masa depan. Akan tetapi, ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa dipilih sehingga membuat sebagian orang kebingungan harus memilih yang mana. Berikut rekomendasi jenis investasi yang menguntungkan dan bisa anda pertimbangkan.

Instrumen Investasi dengan Untung Besar

1. Emas

5 Jenis Investasi yang Menguntungkan dengan Return Terbaik

Emas merupakan salah satu jenis investasi yang banyak dipilih oleh para investor lantaran sifatnya yang safe haven. Safe haven merupakan investasi yang diharapkan bisa dipertahankan atau bahkan meningkat nilainya ketika pasar mengalami gejolak. Safe haven ini acap kali menjadi tempat berlindung oleh para investor, karena dapat membatasi risiko kerugian.

Emas sendiri memang terkenal tidak begitu fluktuatif jika ditinjau dari jangka panjang, dan nilainya relatif cukup stabil. Jadi apabila pasar mengalami goncangan sekalipun, emas dinilai mampu bertahan pada kondisi tersebut. Maka dari itu, emas ini sangat cocok jika dipilih sebagai instrumen investasi jangka panjang.

2. Properti

Jenis investasi yang menguntungkan berikutnya yaitu properti. Tentu sudah bukan rahasia lagi jika harga properti setiap tahunnya memang mengalami peningkatan, baik itu tanah maupun bangunan. Sehingga melakukan investasi dalam bentuk properti dinilai merupakan bentuk investasi yang sangat menjanjikan dalam jangka panjang.

Properti sendiri sudah pasti akan selalu dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat karena merupakan salah satu kebutuhan pokok. Sementara ketersediaan properti di lingkungan kian terbatas, seiring dengan padatnya penduduk. Tidak heran jika nilai properti berangsur angsur meningkat dari waktu ke waktu.

3. Deposito

Deposito adalah salah satu instrumen investasi yang berupa produk penyimpanan uang dari perbankan, yang mana produk ini mempunyai ketentuan penarikan dan sistem penyetorannya dilakukan di awal. Deposito memang kerap kali dianggap sebagai bentuk investasi tak kasat mata, lantaran peluang keuntungannya hanya sekitar 5 hingga 7 persen saja per tahunnya.

Kendati demikian, deposito tetap bisa menjadi investasi yang menguntungkan dalam jangka panjang jika dikelola dengan baik. Mengapa demikian ? Pasalnya deposito tidak terlalu berdampak meski adanya pandemi. Tentu jenis investasi ini bisa menjadi passive income yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi, deposito diawasi secara ketat oleh OJK sehingga dinilai aman.

4. Reksadana

Reksadana merupakan jenis investasi yang cukup mirip dengan deposito. Perbedaannya, besaran dana di reksadana akan disetor melalui konsorsium. Kemudian dana yang telah terkumpul ini akan dikelola manajer investasi untuk bisnis tertentu. Keuntungan yang diperoleh dari bisnis tersebut kemudian akan dibagikan pada peserta konsorsium.

Reksadana sendiri memiliki beberapa jenis, seperti reksadana pasar uang, reksadana obligasi, hingga reksadana saham. Masing masing dapat menjanjikan keuntungan dan risikonya tersendiri. Namun risiko ini dinilai tidak terlalu besar, karena ada manajer investasi yang berperan dalam mengelola portofolio efek.

5. Saham

Saham menjadi salah satu instrumen investasi yang sedang booming dan mulai banyak dilakukan oleh masyarakat. Ini tidak mengherankan, sebab saham mampu memberikan keuntungan yang begitu besar. Dengan membeli saham di bursa, anda akan memperoleh bagian sekian persen kepemilikan atas perusahaan yang telah anda beli sahamnya.

Apabila kinerja perusahaan meningkat dengan baik, maka para investor akan mendapatkan hasil berupa kenaikan harga saham serta dividen. Dividen merupakan bagian dari keuntungan perusahaan untuk dibagi bagi kepada para pemilik saham. Akan tetapi, perlu diingat, meski saham merupakan investasi yang menguntungkan namun risikonya juga cukup tinggi.

Itulah beberapa instrumen investasi yang bisa anda pilih dengan hasil yang cukup menguntungkan untuk jangka panjang. Tentunya masing masing dari bentuk investasi ini juga memiliki risikonya tersendiri. Jadi, pastikan anda telah mengetahui kelebihan dan kekurangannya masing masing untuk menentukan jenis investasi mana yang cocok dengan diri sendiri.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *