5 Cara Ampuh Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi yang Parents Wajib Tahu

  • Share
5 Cara Ampuh Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi yang Parents Wajib Tahu

Pada bayi, kondisi biang keringat menjadi hal umum yang cukup sering terjadi. Dimana biang keringat pada bayi ini akan ditandai dengan ruam seperti bintik kemerahan pada kulit, biasanya banyak berada di area paha, selangkangan, ketiak, dan leher. Bunda tidak perlu panik jika kondisi ini terjadi, berikut simak cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Biang Keringat Si Kecil

1. Pastikan Bayi Mengonsumsi ASI

ASI nyatanya tidak hanya bisa menjadi sumber energi utama untuk si kecil. Pasalnya mengonsumsi cukup ASI akan membantu dalam mempercepat kesembuhan kulit bayi, karena fungsinya sebagai antiinflamasi. Dimana ketika dalam keadaan suhu meningkat, bayi akan mudah mengeluarkan banyak keringat.

Kondisi tersebut akan meningkatkan risiko munculnya biang keringat pada kulit, sehingga anda tidak boleh lupa untuk memastikan bahwa si kecil telah mendapat banyak ASI. ASI ini nantinya akan mengganti semua cairan yang telah keluar dan hilang dari tubuh. Pada kondisi ini bayi juga bisa mengalami dehidrasi apabila tidak mendapat cukup ASI.

2. Jangan Sering Digendong

Cara mengatasi biang keringat pada bayi berikutnya yaitu jangan terlalu sering digendong, kecuali jika si kecil memang sedang ingin digendong. Apalagi jika cuaca sedang panas, maka tidak disarankan untuk terlalu sering menggendong si kecil. Pasalnya ketika dalam gendongan, bayi akan berhadapan dengan 2 sumber panas.

Sumber panas yang pertama yaitu cuaca atau suhu ruangan, sementara sumber panas yang kedua adalah suhu tubuh anda yang tengah menggendongnya. Sehingga suhu tubuh si kecil juga akan meningkat drastis yang membuatnya mengeluarkan lebih banyak keringat. Kondisi ini tentu akan membuat biang keringat muncul lebih banyak atau lebih parah.

3. Pakaian

Apabila berada pada kondisi cuaca dengan suhu tinggi, pemilihan pakaian bayi penting untuk diperhatikan. Dalam hal ini, disarankan untuk memilih pakaian yang memiliki serat alami misalnya bahan katun. Bahan katun dinilai mampu menyerap keringat lebih baik dan terasa dingin pada kulit, sehingga tidak akan meningkatkan suhu tubuh bayi.

Sebaiknya hindari menggunakan pakaian dari kain sintetis agar biang keringat pada bayi tidak muncul. Mengingat bahwa kain sintetis seperti nilon dan poliester dapat memerangkap panas, sehingga membuat bayi akan berkeringat lebih banyak yang memicu biang keringat untuk muncul.

4. Gunakan Krim dan Lotion Seperlunya

5 Cara Ampuh Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi yang Parents Wajib Tahu

Beberapa lotion dan krim untuk bayi yang beredar di pasaran bisa digunakan untuk mengatasi biang keringat. Kendati demikian, penggunaan dari krim serta lotion ini juga harus seperlunya saja dan hindari area area sensitif seperti di dekat mata. Selain itu, sebaiknya anda menggunakan krim dan lotion sesuai dengan saran dokter apabila biang keringat cukup parah.

5. Hindari Panas Serta Lingkungan Lembap

Seperti yang sudah anda ketahui, kondisi cuaca yang panas akan membuat si kecil lebih mudah mengeluarkan keringat dan memicu biang keringat tersebut. Maka dari itu, sebaiknya hindari meletakkan bayi pada ruangan yang panas dan lembap. Apabila biang keringat muncul, anda perlu meneliti kembali bagaimana sirkulasi udara di rumah.

Apakah sirkulasi udara di rumah sudah bekerja dengan baik ? Jika belum, pastikan anda mencari ruangan dengan udara sejuk yang mengalir di rumah. Atau anda juga bisa sesekali mengajak si kecil untuk jalan jalan keluar mencari udara segar, sebagai cara mengatasi biang keringat pada bayi. Selain itu, jangan lupa untuk rajin mengelap keringat yang keluar agar tidak menjadi biang keringat.

Meski kemunculan biang keringat memang tidak berbahaya, namun dalam beberapa kasus biang keringat ini bisa menjadi masalah kulit yang membuat bayi rewel. Selain itu penyebab utama dari biang keringat adalah kepanasan, yang berpotensi menyebabkan masalah serius seperti kematian mendadak. Maka dari itu, beberapa cara di atas bisa anda lakukan untuk mengatasinya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *