4 Kategori Rambu Rambu Lalu Lintas dan Artinya yang Wajib Diketahui

  • Share
4 Kategori Rambu Rambu Lalu Lintas dan Artinya yang Wajib Diketahui

Berkendara aman dan nyaman tentu menjadi keinginan bagi setiap pengguna jalan. Oleh sebab itu, setiap orang perlu pada dasarnya harus menaati semua rambu lalu lintas yang ada. Namun tidak jarang masyarakat masih minim pengetahuan terkait hal tersebut. Setidaknya beberapa kategori rambu rambu lalu lintas dan artinya berikut wajib untuk anda pahami.

Mengenal Arti Rambu Rambu Lalu Lintas

1. Rambu Larangan

Rambu larangan umumnya dibuat dengan warna dasar merah yang diartikan sebagai larangan. Rambu ini berarti menunjukkan bahwa para pengendara atau pengguna jalan dilarang untuk melakukan suatu hal tertentu. Beberapa rambu larangan ini seperti tanda stop, strip, huruf S dicoret, P dicoret, putar balik dicoret, belok kanan dan belok kiri dicoret.

Untuk tanda stop dengan latar belakang warna merah, ini berarti anda dilarang melaju pada suatu jalur. Jadi para pengendara diharap untuk berhenti, baik mengambil jalur lain atau menunggu hingga kondisi pada jalur tersebut bisa lebih aman. Sementara tanda strip putih dengan latar merah melarang pengendara maupun pejalan kaki memasuki suatu tempat.

Rambu rambu lalu lintas dan artinya berikutnya yaitu S dicoret dan P dicoret. Keduanya memiliki arti yang cukup mirip, yaitu anda tidak boleh berhenti sejenak maupun parkir di area bertanda tersebut. Sementara putar balik dicoret hingga belok kanan dan belok kiri dicoret merah menandakan anda tidak boleh melakukan aksi tersebut.

2. Rambu Perintah

4 Kategori Rambu Rambu Lalu Lintas dan Artinya yang Wajib Diketahui

Jika rambu larangan memiliki warna dasar merah, maka rambu perintah biasanya menggunakan warna biru. Rambu ini bertujuan untuk memberikan suatu perintah tertentu pada para pengendara agar lalu lintas aman dan nyaman. Rambu perintah yang paling banyak ditemukan di jalan raya adalah berupa tanda panah.

Baik itu panah ke kiri, panah ke kanan, panah belok kiri, panah belok kanan, panah atas, panah bawah serong kiri, hingga panah bawah serong kanan. Masing masing menandakan bahwa pengguna jalan harus mengarahkan kendaraannya mengikuti arah panah. Untuk panah atas berarti anda harus terus lurus, biasanya tanda satu ini ada pada jalan tol atau jalan searah.

3. Rambu Peringatan

Rambu rambu lalu lintas dan artinya selanjutnya yaitu pada kategori rambu peringatan yang menggunakan warna dasar kuning. Jika rambu perintah dan larangan biasanya dikombinasikan dengan warna putih, rambu peringatan ini lazimnya menggunakan kombinasi warna hitam. Tujuannya adalah memberi kewaspadaan bagi para pengendara.

Tanda yang masuk kategori ini seperti tiga panah melingkar, ini menandakan bahwa di depan ada bundaran atau persimpangan sehingga anda diminta untuk berhati hati. Lalu ada tanda plus (+) yang berarti anda akan menemukan persimpangan empat. Sementara tanda seru (!) adalah peringatan agar waspada saat memasuki jalur tertentu, entah karena medannya sulit atau lainnya.

4. Rambu Petunjuk

Rambu petunjuk diletakkan di jalan sebagai penunjuk arah para pengendara agar tidak tersesat. Berbeda halnya dengan kategori rambu lalu lintas lainnya yang memiliki warna dasar spesifik, rambu petunjuk ini mempunyai gambar dan warna yang variatif. Namun umumnya desain yang digunakan adalah persegi panjang yang ditengahnya diberi gambar.

Setidaknya terdapat beberapa rambu rambu lalu lintas dan artinya yang masuk ke dalam kategori satu ini, seperti arah kota, arah kota di persimpangan, jalan tol, rumah sakit, pom bensin, tempat tidur, bus, hingga orang berjalan. Masing masing mengartikan sesuai dengan gambarnya, seperti tanda orang berjalan yang berarti area tersebut ditujukan untuk para pejalan kaki.

Meski rambu rambu lalu lintas ini cukup banyak, namun tanda yang dibuat rasanya sudah sangat mewakili apa arti dari masing masing tanda, sehingga anda pun dapat mematuhinya dengan baik agar pengalaman berkendara lebih nyaman dan aman. Untuk lebih mudah mengingatnya, anda bisa memperhatikan warnanya per kategori.

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *